Bukan pakai garam atau kertas, begini trik ampuh mengurangi rasa asin berlebih pada cumi kering

Bukan pakai garam atau kertas, begini trik ampuh mengurangi rasa asin berlebih pada cumi kering
YouTube/Aisha_cooking

Brilio.net - Cumi dikenal sebagai jenis seafood yang memiliki rasa gurih dan bertekstur kenyal. Rasa dan teksturnya yang khas membuat cumi selalu jadi incaran banyak orang. Apalagi jika sudah diolah dengan berbagai macam bumbu, menu cumi bisa membuat penggemarnya ketagihan.

Namun perlu diketahui bahwa seafood seperti cumi ini cenderung tidak bisa tahan lama, lho. Supaya cumi tak mudah busuk, seafood satu ini diolah dengan cara diawetkan dengan garam.

Pengeringan cumi menggunakan garam akan membuat kandungan airnya berkurang drastis. Nah, kondisi seperti inilah yang kemudian membuat cumi bisa tahan lama hingga berbulan-bulan lamanya. Karena pada dasarnya, kandungan air berlebih yang membuat cumi cepat busuk dan bau.

Sayangnya, pengeringan menggunakan garam ini menyebabkan efek lain, yakni rasa cumi jadi sangat asin. Bahkan banyak orang kemudian menyebutnya dengan cumi asin. Kadar rasa asin yang pekat membuat cumi kering ini jadi kurang enak jika langsung dimasak.

Maka dari itu, cumi kering ini perlu diolah terlebih dahulu dengan metode khusus untuk mengurangi rasa asin berlebih.

Biasanya sejumlah orang akan merendamnya di air garam. Atau ada juga yang membungkus cumi menggunakan kertas, lalu menyiramnya dengan air panas. Cara-cara ini dipercaya bisa mengurangi kadar asin pada cumi kering.

Namun sebenarnya ada metode lain yang nggak kalah ampuh dari cara tersebut. Seorang pengguna YouTube Aisha_cooking pernah membagikannya melalui salah satu video yang diunggah. Bukan dengan garam atau kertas, dia memilih teknik lain yang lebih praktis dan ampuh.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya