Tanpa diremas garam, begini cara hilangkan rasa pahit pare agar warnanya tetap hijau dan tak lembek

Tanpa diremas garam, begini cara hilangkan rasa pahit pare agar warnanya tetap hijau dan tak lembek
YouTube/Dipikir Masak Masak

Brilio.net - Meski rasanya terkenal pahit, namun tetap banyak orang gemar mengonsumsi pare. Pada dasarnya, rasa pahit pare disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid, yaitu momordicine yang terkandung di dalamnya. Senyawa satu ini cenderung punya intensitas tinggi, sehingga rasa pahit pada pare pun sangat pekat.

Namun rasa pahit tersebut membuat pare memiliki rasa yang khas, lho. Banyak orang gemar makan pare karena rasa pahitnya tersebut. Namun tidak dipungkiri juga bahwa rasa pahit tersebut justru membuat sebagian orang enggan makan pare.

Alhasil, banyak orang kemudian berusaha menggunakan berbagai cara untuk mengurangi rasa pahit pada pare. Mulai dari meremasnya dengan garam, hingga merebusnya dalam waktu lama.

Tapi jika tidak berhati-hati, cara tersebut justru dapat mengubah tekstur dan tampilan pare, lho. Jika diremas dengan garam, tekstur pare biasanya jadi lembek. Sedangkan ketika direbus dalam waktu lama, warnanya malah berubah kecokelatan dan tidak segar lagi.

Nah, supaya lebih aman, kamu bisa meniru cara sederhana yang dilakukan oleh pengguna YouTube Dipikir Masak Masak. Melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah, dia mengaku menggunakan metode berbeda untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Nggak cuma itu, metode ini juga membuat warna pare tetap hijau dan teksturnya pun nggak lembek.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya