Bukan pakai jahe, ini cara mudah goreng ayam agar minyak tak meletup mengandalkan 1 bahan dapur

Bukan pakai jahe, ini cara mudah goreng ayam agar minyak tak meletup mengandalkan 1 bahan dapur
foto: TikTok/@mesimarsita23

Brilio.net - Ada banyak jenis lauk yang cocok dimasak dengan teknik deep fried atau menggoreng dengan banyak minyak, salah satunya ayam. Memasak ayam dengan teknik deep fried bisa membuat tekstur luarnya renyah. Kamu bisa memasak ayam goreng versi dengan ataupun tanpa tepung sesuai selera.

Namun, saat menggoreng ayam, terkadang minyaknya mudah meletup-letup ke segala arah. Minyak ini pastinya berbahaya jika terkena kulit, karena suhunya panas dan bisa menyebabkan kulit melepuh. Di samping itu, minyak juga bisa meletup ke arah dinding dapur dan membuatnya kotor.

Nggak heran banyak trik seputar menggoreng lauk agar minyaknya tak meletup seliweran di media sosial, ya? Salah satu trik yang populer yakni menggunakan potongan rempah seperti jahe. Biasanya potongan jahe langsung dicemplungkan ke dalam minyak sebelum menggoreng ayam.

Tetapi, berbeda dengan warganet di akun TikTok @mesimarsita23, wanita ini punya trik lain yang nggak kalah efektif mencegah letupan-letupan minyak muncul saat menggoreng ayam, lho. Usut punya usut, ia hanya membutuhkan satu bahan dapur yang biasa dipakai untuk membuat kue.

"Tips ini juga membuat penggorengan jadi tidak lengket, jika menggunakan wajan biasa," imbuhnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @mesimarsita23, Sabtu (6/1).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya