Bukan pakai jeruk nipis, ini cara menghilangkan lendir dan bau amis belut pakai 1 bahan dapur

Bukan pakai jeruk nipis, ini cara menghilangkan lendir dan bau amis belut pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/Mamak Ina Oke

Brilio.net - Belut merupakan salah satu ikan tawar yang banyak ditemukan di Indonesia. Meski bentuknya agak berbeda dengan jenis ikan tawar lainnya, namun belut banyak digemari karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah setelah digoreng.

Banyak yang mengolah belut menjadi makanan ala rumahan. Tak sedikit juga yang mengolah belut jadi camilan yang krispi dan renyah. Namun sebelum diolah menjadi makanan yang menggugah selera, belut biasanya harus dibersihkan dari lendir yang menempel terlebih dahulu.

Proses pembersihan lendir belut pun terbilang cukup sulit, lantaran lendir sudah menempel di bagian kulit sehingga sulit hilang jika hanya dibersihkan dengan air mengalir. Oleh karena itu, banyak yang enggan mengolah belut sendiri karena prosesnya yang ribet dan memakan waktu. Selain itu, jika lendir tidak dicuci sampai bersih, juga akan menghasilkan olahan belut yang pahit.

Akhirnya, sejumlah orang memilih menggunakan bahan tambahan untuk menghilangkan lendir pada belut, yaitu dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Selain jeruk nipis, tak sedikit juga yang meremas belut dengan belimbing wuluh agar lendirnya hilang.

Selain menggunakan dua bahan tersebut, ternyata ada cara lain yang lebih praktis untuk menghilangkan lendir belut, lho. Cara menghilangkan lendir dan bau amis belut tersebut sempat dibagikan oleh seorang warganet melalui kanal YouTube Mamak Ina Oke.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya