Bukan pakai rempah, ini cara jitu mengusir kutu pada beras pakai 1 bahan dapur

Bukan pakai rempah, ini cara jitu mengusir kutu pada beras pakai 1 bahan dapur
TikTok/@fajarlele

Brilio.net - Nasi jadi sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi masyarakat. Karena dikonsumsi hampir setiap hari, sebagian besar orang biasanya akan menyimpan beras dalam jumlah banyak sebagai stok. Nah, stok beras yang banyak ini tentu bisa dimasak sewaktu-waktu dan kamu nggak perlu bolak-balik ke pasar hanya untuk membelinya.

Namun kamu perlu berhati-hati jika menyimpan beras dalam jumlah banyak. Bukan tanpa alasan, beras bisa jadi sarang hama seperti kutu. Biasanya kutu beras akan mengontaminasi beras dan berkembang biak di dalamnya jika dibiarkan begitu saja. Alhasil, kualitas beras yang akan dikonsumsi jadi menurun.

Di sisi lain, beras yang terkontaminasi kutu juga cenderung lebih sulit dimasak. Kamu harus membuang satu per satu kutu yang sudah menyebar di dalam beras. Padahal proses ini sangat merepotkan dan membutuhkan waktu lama.

Oleh sebab itu, banyak orang memutar otak untuk mengusir dan mencegah kutu beras ini. Sebagian besar orang memilih menggunakan rempah seperti daun pandan, kayu manis, atau daun jeruk. Sejumlah bahan-bahan tersebut memiliki aroma menyengat yang tidak disukai kutu. Dengan begitu, kutu akan pergi dari beras dengan sendirinya.

Sayangnya, penambahan rempah ini terkadang dianggap kurang ampuh. Dalam beberapa kasus, kutu bahkan juga semut tetap berdatangan. Oleh sebab itu, banyak orang mencari alternatif lain, salah satunya adalah pengguna TikTok @fajarlele.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya