Cara simpel masak telur ayam kampung agar hasilnya setengah matang dan bertekstur lembut

Cara simpel masak telur ayam kampung agar hasilnya setengah matang dan bertekstur lembut
YouTube/Gladys Angeline

Brilio.net - Telur ayam adalah salah satu lauk makan yang kaya gizi. Bahkan nutrisinya lebih tinggi dibandingkan telur ayam negeri. Dilansir dri yazikoy.com, telur ayam kampung memiliki protein yang lebih tinggi. Ada juga asam lemak omega-3, antioksidan, 11 vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Karena dinilai lebih sehat, telur ayam kampung ini sering dijadikan obat tradisional, lho. Bahkan ada juga yang mengonsumsinya untuk meningkatkan energi dan stamina tubuh. Biasanya telur ayam kampung dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan supaya tubuh lebih fit dalam menjalani aktivitas.

Umumnya telur dimasak sampai matang sebelum dikonsumsi. Namun berbeda dengan telur ayam kampung. Biasanya jenis telur ini dikonsumsi saat setengah matang saja untuk mempertahankan nutrisinya. Selain itu, tekstur telur ayam kampung setengah matang juga cenderung lembut dan nggak amis. Nggak heran kalau banyak orang mengonsumsi jenis telur satu ini.

Sayangnya masih banyak orang yang bingung cara memasak telur ayam kampung agar hasilnya setengah matang. Pasalnya jika direbus, tekstur telur bisa padat dan justru matang. Sedangkan jika dikonsumsi langsung, teksturnya terlalu encer dan baunya juga terlalu amis.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya