Bukan pakai tepung atau jahe, ini trik agar minyak tak meletup dan tetap bersih saat goreng ikan

Bukan pakai tepung atau jahe, ini trik agar minyak tak meletup dan tetap bersih saat goreng ikan
TikTok/@ummu_balqis_haura

Brilio.net - Di antara berbagai macam metode memasak, menggoreng jadi salah satu teknik yang paling sering digunakan. Menggoreng bahan makanan dengan minyak dapat membuatnya cepat matang. Selain itu, tekstur makanan juga lebih garing dan renyah.

Namun menggoreng makanan memiliki kekurangan tersendiri, lho. Khususnya jika bahan makanan yang digoreng cenderung berair dan lembek, seperti ikan. Biasanya menggoreng ikan dapat membuat minyak jadi meletup-letup karena banyaknya kandungan air dalam bahan makanan tersebut.

Supaya saat menggoreng minyak tak meletup, sejumlah orang biasanya akan menggunakan trik khusus. Salah satunya adalah dengan menaburkan tepung atau memasukkan jahe ke dalam minyak goreng yang dipakai. Kedua bahan tersebut dinilai dapat meredam letupan minyak goreng.

Sayangnya, kedua bahan ini juga memberikan dampak lain, lho. Jika menggunakan tepung, minyak akan jadi keruh dan kotor, sehingga kamu harus menyaringnya terlebih dahulu agar bisa digunakan kembali. Sedangkan jahe sendiri tidak selalu ampuh meredam letupan minyak saat menggoreng ikan.

Sebagai gantinya, kamu dapat mencoba trik yang pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @ummu_balqis_haura. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan dapur lain. Nah, bahan ini dapat membuat minyak tetap tenang dan bersih saat dipakai untuk menggoreng ikan.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @ummu_balqis_haura pada Kamis (8/2), bahan dapur yang dimaksud adalah garam. Nah, garam ini dipercaya dapat menyerap air pada minyak goreng. Selain itu, garam juga membuat wajan jadi nggak lengket, sehingga ikan yang digoreng pun tetap utuh atau tak hancur.

Namun cara menggunakan garam ini perlu diperhatikan lebih lanjut. Jika biasanya tepung dan jahe dimasukkan setelah minyak panas, maka tidak dengan garam.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya