Bukan pakai sabun, begini cara praktis hilangkan noda kunyit di tangan pakai 1 bahan

Bukan pakai sabun, begini cara praktis hilangkan noda kunyit di tangan pakai 1 bahan
TikTok/@faizaamin85

Brilio.net - Kunyit sering jadi bumbu andalan buat bikin aneka hidangan. Bukan hanya agar warnanya lebih cantik, tapi rasa dan aromanya pun jadi makin nikmat. Hidangan khas Indonesia sendiri banyak sekali yang memakai kunyit sebagai bahan utama. Sebut saja nasi kuning, ayam goreng, gulai, tongseng, dan lainnya.

Selain pada makanan, kunyit juga sudah lama dikonsumsi sebagai bahan pengobatan dan kecantikan dalam bentuk jamu. Pasalnya, kunyit kaya akan antioksidan dan zat aktif lainnya yang baik buat tubuh. Dilansir dari hopkinsmedicine.org, kunyit bagus buat mencegah inflamasi, mengatasi permasalahan metabolisme, menyehatkan kulit, mencegah kerusakan tulang dan otot, menjaga kolesterol stabil, dan lain sebagainya.

Saat mengolah kunyit jadi bahan makanan maupun minuman, sisa warna kuningnya dikenal sulit sekali hilang, baik di panci, blender, maupun tangan. Nah, jika sudah menempel di tangan, warna kuning yang dihasilkan kunyit tak bisa hilang jika hanya dicuci pakai sabun saja, lho.

Alhasil, banyak yang memanfaatkan aneka bahan untuk membersihkan tangan dari noda rempah satu ini. Contohnya pakai baking soda, lemon, susu, cuka, jeruk nipis, serta bahan lainnya. Namun rupanya ada cara yang jauh lebih simpel dibagikan oleh warganet asal Malaysia bernama Faiza, nih. Ia mengaku sering pakai kunyit buat masak dan bingung kenapa sisa kunyit sulit hilang dari tangan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya