Cara bersihkan noda minyak di tempat makan plastik, cuma pakai tisu

Cara bersihkan noda minyak di tempat makan plastik, cuma pakai tisu
foto: TikTok/@khairunnisaadlina

Brilio.net - Saat ini banyak orang memilih untuk mengolah makanannya sendiri. Selain hemat, mengolah makanan sendiri juga menjamin gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga. Tak hanya pada proses memasaknya, tempat yang digunakan untuk membungkus makanan juga terjamin kebersihannya.

Tempat makan sendiri terdiri dari berbagai jenis bahan, mulai dari plastik, kayu, stainless steel, hingga aluminium. Tempat makan plastik kini jadi salah satu yang banyak digunakan. Nggak hanya untuk bekal sendiri di rumah, tempat makan plastik ini juga banyak dipilih para pelaku usaha kuliner.

Lantaran masih bisa digunakan ulang, tak sedikit jika kemudian yang memilih untuk menyimpannya daripada langsung dibuang. Sama seperti peralatan makan lainnya, tempat makan plastik ini pasti juga harus dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan. Sebenarnya, membersihkan tempat makan plastik ini cukup mudah.

Namun menjadi PR tersendiri jika tempat makan plastik tersebut sebelumnya digunakan untuk menyimpan makanan berminyak. Belum lagi, jika tempat makan plastik tersebut tak langsung dicuci. Hal tersebut menyebabkan minyak yang terkandung dalam makanan akan menempel dan meninggalkan noda di tempat makan plastik. Jika sudah begini, tempat makan plastik akan berminyak dan mempunyai aroma tidak enak.

Mencuci tempat makan plastik harus dilakukan dengan treatment khusus, berbeda dengan mencuci alat makan biasanya. Untuk menghilangkan noda minyak di tempat makan plastik, kamu bisa meniru cara yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan akun TikTok/@khairunnisaadlina.

Cara bersihkan noda minyak di tempat makan plastik, cuma pakai tisu

foto: TikTok/@khairunnisaadlina

Dilansir BrilioFood pada Kamis (18/8), bahan yang diperlukan hanya tisu dan sabun cuci piring secukupnya. Sesuaikan jumlah tisu dengan besarnya tempat makan plastik yang akan dicuci. Jika sudah, masukkan tisu ke dalam tempat makan plastik. Tambahkan sabun cuci piring, tak perlu banyak-banyak, cukup beberapa tetes saja di atas tisu yang sudah ditaruh di dalam wadah tempat makan plastik.

Cara bersihkan noda minyak di tempat makan plastik, cuma pakai tisu

foto: TikTok/@khairunnisaadlina

Jika sudah, tambahkan air ke dalam wadah tempat makan plastik. Tutup wadah tempat makan plastik, lalu kocok-kocok berulang kali hingga timbul busa di dalamnya. Jika sudah, buka tutup wadah tempat makan plastik, dan keluarkan tisu yang ada di dalamnya. Seluruh minyak yang ada di dalam tempat makan plastik menjadi terangkat dan menempel di tisu.

Cara bersihkan noda minyak di tempat makan plastik, cuma pakai tisu

foto: TikTok/@khairunnisaadlina

Jika tisu sudah dikeluarkan, bilaslah tempat makan plastik dengan mencucinya di bawah air mengalir. Pastikan noda dan minyak yang ada di dalamnya sudah benar-benar terangkat. Cara ini dijamin membuat tempat makan plastik akan bersih dan kesat layaknya saat pertama kali dibeli.

Selain dengan cara ini, ada warganet yang memberi saran lain, yaitu dengan mencuci tempat makan plastik menggunakan sabun dan digosok dengan tangan langsung tanpa perlu spons. Menurut beberapa warganet, cara tersebut juga tak kalah ampuh menghilangkan noda minyak pada tempat makan plastik, lho.

"Tips lainnya adalah.. tiap nyuci piring atau mngkok dr bahan plastik gausah pake spons. lgsg aja tetesin sabun dan gosok pake tangan. ajiib," tulis akun TikTok/@de.

Tidak hanya ditanggapi dengan beberapa saran dari warganet, video yang disukai oleh 157 ribu orang tersebut turut membuat warganet mengaku mendapat ilmu baru. Beberapa sengaja meninggalkan komentar yang positif setelah menonton video satu ini.

@khairunnisaadlina Meringankan beban hidup #tipsandtricks #tips #tipstiktok Aku Rapopo Uk Drill Remix - Lemuel J Sianipar

"Aku udah coba eh berhasil," ujar akun TikTok/@fatinazahira18.

"Wkwkkw terima kasih ilmunya wkw biasanya cm w rendem pke air sabun," tulis akun TikTok/@Syifa.

"Bener kak aku coba ternyata hilang minyaknya," ujar akun TikTok/cia.

"Manfaat bgt," tulis akun TikTok/@rasti.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya