Cara membuat kopi hitam yang aman buat lambung, pakai tepung beras

Cara membuat kopi hitam yang aman buat lambung, pakai tepung beras
Cara mengaduk kopinya pun nggak boleh sembarangan. |

"Buat bikin kopi, yang segar di mulut dan tenggorokan. Sekaligus, kopi yang aman dan nyaman di lambung," tulisnya dilansir BrilioFood dari Twitter/@lintingdhewek pada Kamis (10/11).

Lewat cuitannya, warganet yang pemilik akun @lintingdhewek ini menjelaskan bahwasannya ada satu bahan masakan yang menjadi kunci kenikmatan kopi, yakni tepung beras. Menurutnya, penggunaan tepung beras tersebut juga bisa mengurangi asam pada kopi. Kamu bisa menaruh sepucuk sendok teh tepung beras ke dalam gelas kosong. Lalu campur dengan sepucuk sendok teh air mendidih.

Cara membuat kopi hitam yang aman buat lambung, pakai tepung beras

foto: pexels.com

Jika sudah, aduk-aduk hingga tepung beras tidak menggumpal. Nah, dalam mengaduk kopi ini pun ada tekniknya. Menurut cuitan lanjutnya, Danang juga membagikan teknik mengaduk kopi hitam dengan tambahan tepung beras tersebut. Jika ingin kopi yang disajikan bercita rasa manis, jangan langsung menambahkan gula.

"Aduk rata. Masukkan kopi. Aduk tiga putaran. Tahan pengaduk, hingga putaran air berhenti. Jika ditambahkan gula, tunggu 1/2 menit. Selamat mencoba," tulisnya.

Cara membuat kopi hitam yang aman buat lambung, pakai tepung beras

foto: Twitter/@lintingdhewek

Selain digunakan untuk membuat kopi lebih aman dikonsumsi buat lambung, tepung beras juga ternyata sudah lama jadi bahan rahasia untuk membuat racikan kopi hitam jadi makin nikmat. Jika tepung beras difungsikan untuk memperkuat rasa pada kopi, maka tepung beras harus disangrai terlebih dahulu. Untuk tepung beras yang bagus, lebih baik membuatnya sendiri daripada beli di pasaran.

"Ini bukan buat rasa. Kalau buat rasa, tepung beras sangrai. Kalau buat lambung, tepung beras biasa yang berasnya direndam dulu. Bikin sendiri lebih bagus. Kadang beli di pasar, ada bau apek," Lanjutnya.

Setelah seminggu, kamu bisa mengubah takaran tepung beras pada racikan kopi. Jika tidak ada efek kembung usai minum kopi, bisa beralih ke tepung beras yang disangrai untuk meningkatkan aroma dan rasa kopi. Tepung beras yang digunakan untuk tambahan racikan kopi ini bisa menggunakan berbagai merek.

"Setelah seminggu, kurangi takaran tepung berasnya separoh. Kalau tidak kembung, langsung pindah ke tepung beras dari beras yang disangrai," jelasnya.

Dibuat sejak 30 Oktober 2022 lalu, cuitan Danang tersebut terus menuai perhatian dari warganet lain. Hal tersebut dibuktikan dengan tweet yang telah di-retweet sebanyak 2 ribu lebih dan disukai sebanyak 8.111 warganet. Tak sedikit warganet yang mengaku sudah mencoba trik tersebut dan hasilnya pun sesuai dengan ekspetasi.

"Waiki, cara jawa timuran, nyangre kopi sama beras, kalo udah mateng terus ditumbuk bareng, rasane uenak joss, ga bikin kembung. Resep ibu swargi dan budhe dari Kertosono," tulis akun Twitter/@erbedjogja.

"Makasih pak tips nya, saya suka bgt kopi item pdhl saya ada asam lambung," sahut akun Twitter/@linyours.

"Udah nyoba. Perutku ga kembung lagi kalo abis ngopi. Terimakasih banyak banyak, sehat selalu, murah rezekinya. Aamiin. Jaya jaya jaya!" tambah akun Twitter/@birubanyune.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya