Cara mencuci kolang kaling supaya tak berlendir dan berbau asam

Cara mencuci kolang kaling supaya tak berlendir dan berbau asam
foto: YouTube/dapur bunda khalila

Brilio.net - Kolang kaling merupakan salah satu camilan sehat yang tinggi serat dan vitamin. Biasanya biji buah pohon aren ini diolah jadi manisan, puding, hingga isian kolak dan minuman. Rasanya yang nikmat dan teksturnya yang empuk cenderung kenyal, tentu bisa membuat siapapun jadi ketagihan menyantapnya.

Namun sebelum diolah jadi makanan yang lezat, kolang kaling perlu dicuci terlebih dahulu. Cara mencuci kolang kaling ini nggak bisa sembarangan, lho. Pasalnya, biji kolang kaling yang baru dibeli biasanya memiliki lendir dan berbau asam karena telah direndam terlalu lama.

Sedangkan lendir dan bau asam ini cenderung susah hilang jika hanya disiram dengan air. Oleh karena itu, perlu cara khusus dalam mencuci kolang kaling. Hal ini tentu supaya hasil olahan kolang kaling jadi lebih enak saat dikonsumsi nantinya.

Nah, jika masih bingung, kamu bisa meniru tutorial mencuci kolang kaling yang dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Khalila. Melalui channel YouTube/dapur bunda khalila, dia menjelaskan dengan detail cara mencuci kolang kaling hingga benar-benar bersih. Menurutnya, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menghilangkan lendir dan bau asam kolang kaling.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

  • Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

    Jalan Makan This or That, Martabak Terenak Untuk Jajanan Sore Kamu Yang Mana?

Review

Selengkapnya