Cara rebus ubi cilembu agar tekstur lembut dan getah manisnya keluar

Cara rebus ubi cilembu agar tekstur lembut dan getah manisnya keluar
TikTok/@ekinyayang

Brilio.net - Ubi cilembu terkenal memiliki cita rasa manis dan legit. Tak salah jika banyak orang suka. Olahan ubi cilembu juga cocok disajikan dengan segelas kopi atau teh hangat.

Ubi satu ini diberi nama cilembu karena dihasilkan dari Desa Cilembu, Sumedang, Jawa Barat. Meskipun begitu, saat ini dengan mudahnya kamu bisa menjumpai ubi cilembu di daerah lain.

Sama seperti ubi lainnya, makanan ini juga kaya gizi dan nutrisi yang untuk tubuh. Selain vitamin A, menurut healthline.com, ubi cilembu pun mengandung kalsium, vitamin B-1, karbohidrat, dan protein. Tak cuma itu saja, kandungan serat di dalamnya juga bisa membuat kenyang lebih lama, lho.

Kebanyakan orang mengolah ubi dengan cara dipanggang maupun dimasukkan ke oven. Namun, jika kamu bosan dan ingin merasakan olahan lain dari ubi cilembu ini, bisa coba untuk merebusnya.

Lain halnya dengan memasukkan ke oven, saat merebusubi cilembu perlu menggunakan trik khusus, nih. Bukan tanpa sebab, jika salah tekniknya malah membuat tekstur ubi menjadi terlalu lembek atau tidak terasa manis secara maksimal. Hal ini karena getah manis yang ada di ubi cilembu tidak keluar secara maksimal.

Dilansir dari BrilioFood dari akun TikTok/@ekinyayang pada Sabtu (27/8), dia menjelaskan setiap tahapannya saat merebus ubi cilembu agar bisa lembut dan getah manisnya keluar.

Pada awal video, dia membersihkan terlebih dahulu ubi cilembu yang akan digunakan. Tanpa mengupas kulitnya, ia juga memotong menjadi bagian-bagian kecil terlebih dahulu supaya proses merebusnya menjadi lebih hemat waktu.

Cara rebus ubi cilembu agar tekstur lembut dan getah manisnya keluar

foto: TikTok/@@ekinyayang

Jika sudah, masukkan potongan ubi cilembu ke panci. Lalu tambahkan air. Pastikan gunakan air yang banyak hingga ubi bisa terendam sempurna. Jika sudah, nyalakan kompor dengan api kecil dan tutuplah panci. Estimasikan waktu perebusan selama 20-30 menit.

Cara rebus ubi cilembu agar tekstur lembut dan getah manisnya keluar

foto: TikTok/@@ekinyayang

Jika air sudah benar-benar mendidih dan volume semakin berkurang, cek tekstur ubi cilembu apakah sudah cukup empuk atau belum. Jika sudah puas dengan tekstur ubi cilembu yang direbus, kamu bisa mengangkatnya menggunakan saringan, lalu meniriskannya.

Cara rebus ubi cilembu agar tekstur lembut dan getah manisnya keluar

foto: TikTok/@@ekinyayang

Jika sudah kamu bisa menikmati ubi cilembu rebus ini dengan mengonsumsinya secara langsung maupun dengan segelas minuman hangat. Kulit dari ubi cilembu pun terbilang mudah dikelupas jika telah matang. Rasanya pun dijamin manis dan legit karena getah bisa keluar.

Video yang sudah disukai lebih dari 10 ribu ini sukses membuat warganet terkesima. Tidak sedikit penghuni dunia maya turut memberikan pujian dan terima kasih karena mendapat ilmu baru.

"Sedap ubi ni... Manis," tulis akun Tiktok/@YahraaFizz.

"Makasih ilmu barunya sist," ujar akun TikTok/@Ainaliah.99.

"sedapp,” kata akun TikTok/@MiraFadila.

"sedapnya," sahut akun TikTok/@CIKPUANHATIE_69.

"Oh ternyata bisa selain dikukus," papar akun TikTok/@thisislengkuas.

@ekinyayang Best ni sambil layan kdrama sambing fefeeling kan. Hehe #tiktokmalaysia #fypmalaysia #HotlinkEverydayCEO #foryou #vivoSuperTime original sound - A -

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Jalan Makan This or That, enakan kebab pertama di Indonesia atau kebab kekinian?

  • Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

    Jalan Makan Kedai Roti Ibu Saya, nggak nyangka enaknya pizza cuma Rp 13 ribu

  • Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

    Jalan Makan Kedai Skuuy, makan bakso mercon ditambah iga bakar sepuasnya

  • Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

    Jalan Makan La Riviera, menikmati makanan Nusantara ditemani suasana Eropa

Review

Selengkapnya