Cara sederhana membedakan garam asli dan palsu, cukup pakai 1 bahan

Cara sederhana membedakan garam asli dan palsu, cukup pakai 1 bahan
YouTube/HERLINA SUCIPTO

Brilio.net - Garam termasuk salah satu bumbu dapur yang sangat penting. Rasanya yang asin berfungsi untuk menambah cita rasa pada setiap masakan. Selain jadi penambah rasa masakan, garam juga memiliki kandungan baik untuk tubuh, lho. Dilansir dari drstevenlin.com, garam bisa membantu tubuh tetap terhidrasi sekaligus mendukung sistem saraf tetap sehat.

Di antara banyak jenisnya, garam himalaya adalah jenis garam yang lebih sehat dibandingkan garam biasa. Garam himalaya adalah murni yang ditambang dari pegunungan Himalaya di Pakistan. Berbeda dari garam biasa, garam ini memiliki warna merah muda yang cantik.

Walau harganya memang lebih mahal, tidak sedikit yang menggunakan garam ini karena manfaatnya. Dikutip dari healthyhumanlife.com, garam himalaya banyak mengandung yodium alami. Nutrisi ini bisa efektif membantu menciptakan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, yodium juga dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan secara maksimal.

Walau kini penjual garam himalaya mulai beredar di Indonesia, namun kamu harus tetap jeli saat membelinya. Bukan tanpa sebab, ada banyak pedagang nakal yang mencoba memalsukan garam himalaya, lho. Garam himalaya palsu biasanya sudah dicampur dengan bahan lain, misalnya ditambahkan garam biasa atau bahkan diberi tambahan pewarna.

Jika hanya diamati sekilas, memang agak sulit membedakan garam himalaya asli dan palsu. Walaupun begitu, tetap ada cara yang bisa digunakan oleh konsumen agar tidak terkecoh dengan garam himalaya yang dijual di pasaran. Beruntungnya, seorang pengguna YouTube HERLINA SUCIPTO pernah membagikan cara sederhana membedakan garam jenis ini.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya