Cepat tanpa dibongkar, ini cara bersihkan debu di kipas angin hanya dalam 5 menit pakai 3 bahan dapur

Cepat tanpa dibongkar, ini cara bersihkan debu di kipas angin hanya dalam 5 menit pakai 3 bahan dapur
TikTok/@zona.check.out

Brilio.net - Kipas angin adalah salah satu alat elektronik yang mudah berdebu, terutama jika terus-menerus digunakan. Jika dibiarkan, debu tersebut bisa menumpuk tebal di kipas angin. Tumpukan debu ini tentu harus dibersihkan agar embusan anginnya tetap kencang dan bersih sekaligus membuat tampilan kipas angin lebih enak dilihat.

Tak hanya itu, kipas angin yang kotor dan penuh debu juga bisa menjadi sumber penyakit, lho. Dilansir dari webmd.com, bagi sebagian orang, debu pada kipas angin dapat menyebabkan penyakit paru-paru yang disebut pneumonitis hipersensitivitas. Ini adalah reaksi alergi terhadap partikel debu, dan dapat menyebabkan gejala seperti batuk dan sesak napas.

Untuk menghindari hal seperti itu, kamu harus membersihkan kipas angin secara berkala. Biasanya sebagian besar orang akan membongkar komponen kipas yang berdebu. Hal ini dinilai dapat membuat proses pembersihan lebih maksimal.

Sayangnya, di sisi lain, membongkar kipas angin juga menjadi kendala tersendiri. Apalagi jika pengait kipas menggunakan mur atau alat khusus. Untuk membuka pengaitnya, membutuhkan alat khusus juga. Bagi sebagian orang, cara seperti ini tentu sangat merepotkan.

Nah, sebenarnya kamu nggak perlu membongkar kipas angin jika ingin membersihkan debu di bagian dalamnya, lho. Ada sejumlah bahan khusus yang dapat membuat debu pada kipas angin jadi luntur dengan cepat.

Bahan dan cara menarik tersebut pernah dibagikan pengguna TikTok/@zona.check.out. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan tiga bahan dapur. Selain bahan dapur, dia juga memanfaatkan 1 alat sederhana.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya