Cukup pakai 2 bahan dapur, begini cara mengobati luka akibat tertusuk duri atau terkena patil ikan

Cukup pakai 2 bahan dapur, begini cara mengobati luka akibat tertusuk duri atau terkena patil ikan
YouTube/Mancing Mania

Brilio.net - Ikan seringkali dijadikan sebagai lauk. Ada banyak jenis ikan yang bisa dikonsumsi, baik dari ikan air laut atau tawar. Banyaknya nutrisi pada ikan membuatnya termasuk sebagai bahan makanan yang menyehatkan jika dikonsumsi setiap hari.

Saat hendak mengonsumsi ikan, memilih yang segar tentu lebih baik. Namun kamu tetap harus hati-hati saat mengolah ikan segar, terutama jika masih hidup. Beberapa jenis ikan seperti patin, lele, atau nila memiliki patil yang bisa menyengat kulit dan menyebabkan infeksi, seperti bengkak, nyeri, hingga luka bernanah.

Selain patil, duri atau tulang ikan juga perlu diperhatikan saat hendak mengolah jenis protein satu ini. Karena duri ikan biasanya mudah menusuk kulit. Hal tersebut juga bisa berpotensi menyebabkan luka dan infeksi jika tidak segera diobati, sekalipun durinya sudah dicabut.

Untuk mengobati luka akibat patil dan duri ikan tersebut, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur, lho. Pengguna YouTube Mancing Mania pernah membagikan tutorial tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Hanya dengan dua bahan dapur, dia bisa mencegah infeksi yang menyebabkan bengkak dan kemerahan akibat patil atau duri ikan, lho.

"Ini pengobatan pertama atau tradisional jika terkena patil atau duri ikan. Tapi kalau gejalanya sangat parah, tetap lebih baik ke dokter, ya," ujar YouTube Mancing Mania.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya