Cuma 13 menit, ini cara jitu merebus ayam kampung tua agar dagingnya lembut tanpa presto

Cuma 13 menit, ini cara jitu merebus ayam kampung tua agar dagingnya lembut tanpa presto
YouTube/Heru Sutrisno Channel

Brilio.net - Ayam dikenal sebagai lauk andalan banyak orang, bisa disantap pakai nasi dan sayuran. Ayam pun bisa diolah jadi berbagai macam hidangan, mulai dari digoreng, dibakar, dibikin sup, dijadikan topping nasi goreng, dikukus, ditumis, dan lain sebagainya.

Bukan hanya enak, ayam juga kaya akan manfaat untuk kesehatan, lho. Dilansir dari masterclass.com, daging ayam kaya akan protein, berbagai vitamin, kalsium, zat besi, zink, dan lainnya. Di samping itu, ada pula jenis ayam lebih sehat yang bisa jadi pilihan, yakni ayam kampung. Usut punya usut, ayam kampung diternak dengan kualitas lebih baik dibanding ayam negeri atau broiler biasa, sehingga lebih sehat dan rendah lemak.

Namun, terlepas dari manfaatnya, ayam kampung juga berbeda dari segi tekstur. Ayam kampung dikenal punya daging lebih keras, sehingga membutuhkan waktu lama saat dimasak. Belum lagi kalau ayam kampungnya sudah berusia tua, super alot. Bahkan, ada yang membutuhkan waktu berjam-jam kalau pakai panci biasa. Ada juga yang memilih pakai panci presto untuk mempercepat proses masak ayam kampung. Tapi, tidak semua orang punya panci presto, kan?

Nah, buat yang tak ada atau nggak ingin pakai panci presto, bisa gunakan cara merebus yang dibagikan oleh warganet bernama Heru, nih. Lewat sebuah unggahan, ia memperlihatkan cara cepat merebus ayam kampung tua tanpa panci presto hanya dalam 13 menit. Lantas, gimana sih caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya