Trik merebus nangka muda agar warnanya makin putih dan tahan lama ketika disimpan

Trik merebus nangka muda agar warnanya makin putih dan tahan lama ketika disimpan
YouTube/Susfri

Brilio.net - Buah nangka pada dasarnya tidak hanya bisa dikonsumsi dalam kondisi matang, namun juga mentah. Nangka mentah atau disebut juga nangka muda ini seringkali disantap sebagai menu makan. Salah satunya dimasak gulai untuk menu pelengkap saat Lebaran.

Tidak seperti nangka matang, nangka muda ini perlu punya tekstur yang keras. Oleh karena itu, nangka muda perlu direbus terlebih dahulu. Proses perebusan tentu bertujuan supaya nangka lebih lunak dan mudah diolah.

Di sisi lain, perebusan nangka muda ini nggak boleh sembarangan, lho. Hal ini lantaran nangka muda mengandung banyak getah. Nah, getah inilah yang dapat membuat nangka jadi hitam ketika direbus. Padahal kondisi nangka yang hitam tentu membuatnya kurang menarik disantap.

Tak hanya menghitam, nangka yang sudah direbus juga bisa jadi tak awet, lho. Jika asal-asalan, nangka muda ini hanya bisa bertahan beberapa hari saja. Setelah itu, nangka akan lembek, berlendir, dan busuk.

Oleh sebab itu, merebus nangka muda perlu dilakukan dengan sejumlah trik. Ada bahan yang bisa digunakan supaya nangka yang direbus jadi lebih putih, lho. Selain itu, nangka juga bisa lebih awet hingga berbulan-bulan lamanya.

Trik merebus nangka muda ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Susfri. Melalui salah satu video yang diunggah, dia membeberkan trik yang biasa diterapkan dalam merebus nangka. Siapa sangka, nangka yang dihasilkan benar-benar cerah dan putih.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya