Cuma pakai 2 bumbu dapur, ini trik menghilangkan bau amis dari ikan asin gabus

Cuma pakai 2 bumbu dapur, ini trik menghilangkan bau amis dari ikan asin gabus
foto: YouTube/daya ariefwibawa

Brilio.net - Ikan bisa jadi alternatif menu lauk yang sehat dan aman buat dikonsumsi sehari-hari. Dilansir dari oehha.ca.gov, ikan kaya akan protein dan vitamin yang bagus buat jaga kesehatan jantung, imunitas, dan lain sebagainya. Banyak masyarakat yang bisa mendapatkan ikan dengan mudah lantaran Indonesia tergolong sebagai negara maritim.

Jenis ikan yang sering jadi pilihan banyak orang contohnya ada tongkol, tuna, kembung, gabus, dan masih banyak lagi. Sejumlah ikan ini juga nggak melulu bisa didapat dalam keadaan segar, tapi juga sudah dikeringkan jadi ikan asin, salah satunya ikan gabus. Nah, ikan asin gabus ini cocok banget dijadikan stok lauk di rumah karena tahan lama saat disimpan.

Namun, seperti jenis ikan asin lainnya, ikan gabus ini juga punya aroma amis yang kuat, lho. Kebanyakan orang bingung cara menghilangkan baunya karena kondisi ikan sudah kering. Rupanya, kamu bisa memanfaatkan beberapa bumbu dapur untuk menghilangkan bau amis di ikan asin gabus. Caranya sempat dibagikan lewat sebuah unggahan oleh warganet bernama Arief.

"Cara menghilangkan bau amis pada ikan gabus ini dapat juga digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan asin lain," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube daya ariefwibawa, Senin (6/2).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya