Jangan hanya dicuci, ini trik hilangkan formalin pada ikan teri cukup pakai 1 bahan dapur

Jangan hanya dicuci, ini trik hilangkan formalin pada ikan teri cukup pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/VEMPIDOU ALAAA activity

Brilio.net - Ikan teri memang berukuran lebih kecil dibanding jenis ikan lain. Tapi kalau soal rasa, ikan teri termasuk lezat dan disukai banyak orang. Ikan teri juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, lho. Dilansir dari healthline.com, ikan teri kaya akan kalsium, omega-3, protein, dan lain-lain.

Namun, seperti kebanyakan jenis ikan lain, teri yang dijual di pasaran terkadang mengandung formalin atau bahan kimia lain supaya lebih tahan lama. Banyak orang mencoba menghilangkannya sekadar dengan mencucinya pakai air. Padahal, cara tersebut masih belum cukup efektif untuk membersihkan ikan teri, lho.

Pasalnya, jika seseorang terlalu sering mengonsumsi ikan yang masih mengandung formalin, risikonya bisa berbahaya untuk tubuh. Dilansir dari cdc.gov, formalin berisiko menyebabkan keracunan makanan, alergi pada mata, kanker, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang belum tahu cara membasmi formalin pada ikan, terutama ikan teri, ada pengalaman seputar membersihkan ikan teri dibagikan oleh warganet di akun YouTube VEMPIDOU ALAAA activity, nih. Ia mengatakan, ada satu trik hilangkan formalin pada ikan teri mengandalkan satu bahan dapur supaya aman dikonsumsi.

"Kita tahu di luar sana banyak pedagang-pedagang yang curang, supaya ikan terinya tahan lama itu dipakaikan bahan-bahan kimia," tegasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube VEMPIDOU ALAAA activity pada Rabu (27/3).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya