Mengempukkan daging pakai sendok, aman atau tidak?

Mengempukkan daging pakai sendok, aman atau tidak?
Tertarik Mencoba Di Rumah? |

Sendok, jika terbuat dari besi maupun stainless steel dianggap bisa menghantarkan panas saat daging dimasak. Dengan begitu, daging juga akan lebih cepat empuk. Tak hanya untuk bikin rendang, olahan daging lainnya juga seringkali menggunakan sendok yang dicemplungkan ke rebusan.

Mengempukkan daging pakai sendok, aman atau tidak?

foto: TikTok/@annisaislamichan

Mitos seputar memasukkan sendok ke rebusan daging ini juga banyak dipercaya di wilayah lain di negara-negara Asia, lho. Tetapi, dilansir dari yummy.ph, sendok sebenarnya tidak benar-benar bisa mempercepat proses pengempukan daging. Memang, sendok besi atau stainless dapat dipanaskan ke suhu tinggi bahkan sampai 1000 derajat celcius.

Namun, saat dimasukkan ke dalam air rebusan, sendok hanya bisa panas sampai suhu 100 derajat celcius karena selebihnya air akan berubah menjadi uap. Cara merebus daging dengan memasukkan sendok ini juga tidak digunakan oleh chef maupun para ahli di bidang kuliner.

Di samping itu, sendok yang dimasukkan ke wajan saat merebus daging tetap terbilang aman. Dilansir dari thestar.com.my, besi maupun stainless steel sangat rendah risikonya untuk menyebabkan racun pada masakan. Apalagi, rebusan daging maupun rendang tak punya zat yang mungkin untuk melelehkan besi atau stainless steel itu sendiri.

Nah kalau kamu termasuk tim yang pro atau kontra nih soal memasukkan sendok saat memasak daging? Walaupun kamu termasuk pro, tetap jangan lupa pastikan sendok sudah dalam keadaan bersih dan bebas karat sebelum digunakan, ya.

Menilik kolom komentar di unggahan TikTok/@annisaislamichan, ternyata banyak warganet yang familiar dengan trik masak rendang pakai sendok ini, lho. Selain itu, unggahan ini juga sudah ditonton jutaan kali sejak Juli lalu.

@annisaislamichan aku pakai wajan anti lengket ya bunda yg mau cek out cek keranjang kuning #pekanbaru_riau #pejuanglks #fyp #rendangpadang Ternyata hanya kamu - yatXhan

"mamaku juga gtu,, gk sendok, garpu juha," ungkap TikTok/@love u.

"pake madu katnya," imbuh TikTok/@UltrameN.

"ini fakta loh perna sya coba," kata TikTok/@Shantiekha AS.

"karena bahan sendok itu penghantar panas yg baik, jadi panas lbh merata ke masakan," jelas TikTok/@Makantidur.

"ya sama nene ku dulu gitu jg bilang ke saya.....berati se ilmu ," ujar TikTok/@Fatima Cianjur.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya