Nggak cukup dicuci, ini trik mengiris daun bawang agar tak berlendir cuma pakai 1 bumbu dapur

Nggak cukup dicuci, ini trik mengiris daun bawang agar tak berlendir cuma pakai 1 bumbu dapur
foto: TikTok/@official.meatu

Brilio.net - Di banyak menu masakan, daun bawang sering dijadikan sebagai garnish atau pelengkap. Nggak cuma mempercantik tampilan, irisan daun bawang juga menambah aroma sedap pada menu masakan. Alhasil, cita rasa masakan jadi lebih sedap dan menggugah selera.

Umumnya, daun bawang dijual dalam satu ikat yang terdiri dari beberapa batang. Karena jumlahnya banyak, daun bawang sering nggak habis dalam sekali waktu. Alhasil, sisa daun bawang sengaja dimasukkan ke dalam kulkas agar tahan lama.

Meski jadi awet, daun bawang yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas jadi beku. Belum lagi saat diiris, daun bawang malah mengeluarkan lendir berwarna putih bening.

Usut punya usut, lendir daun bawang ini disebabkan karena adanya udara yang terperangkap di dalamnya. Alhasil, daun bawang jadi lembap dan berlendir saat diiris.

Lendir daun bawang ini seringkali membekas di permukaan talenan. Kalau sudah begini, mau nggak mau talenan jadi lengket dan tampak kotor.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meniru cara yang dilakukan oleh pengguna TikTok @official.meatu. Di video unggahannya, warganet satu ini cuma memakai satu bahan dapur untuk mengurangi lendir di daun bawang. Penasaran gimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya