Nggak perlu dicuci, ini cara praktis membersihkan daging sapi dari pasar sebelum diolah

Nggak perlu dicuci, ini cara praktis membersihkan daging sapi dari pasar sebelum diolah
Cara biar lebih higienis |

Hal ini disampaikan oleh Elin Sulivan di Instagram pribadinya. Salah satu jebolan MasterChef Indonesia ini menjelaskan kalau mencuci dengan air bukanlah cara yang tepat untuk membersihkan daging.

"Karena kalau malah dicuci, itu malah jadi kontaminasi silang bakteri begitu kena air, bakterinya tuh malah menyebar ke mana-mana," jelasnya dikutip BrilioFood dari Instagram @elin.sulivan, Rabu (7/6).

Nggak perlu dicuci, ini cara praktis membersihkan daging sapi dari pasar sebelum diolah

foto: Instagram/@elin.sulivan

Hal itu juga dijelaskan dalam laman healthline.com, mencuci daging menggunakan air biasa yang mengalir justru dapat menimbulkan risiko keamanan dan kesehatan makanan dengan menyebarkan bakteri ke permukaan lain. Lalu bagaimana cara membersihkan daging yang benar?

Nah, kamu bisa memastikan terlebih dahulu daging yang dibeli berkualitas baik. Biasanya daging seperti ini bisa ditemukan di pedagang yang terpercaya dari segi kebersihannya.

"Yang pokoknya mereka motong dagingnya tuh di ruangan ber-AC," jelas Elin Sulivan lebih lanjut.

Usut punya usut, suhu dingin dapat mencegah pembusukan terkait pertumbuhan bakteri di daging sapi. Oleh karena itu, kualitas daging pun akan tetap terjaga.

Namun kalau beli daging dari pasar, kamu bisa melakukan cara satu ini. Masukkan air secukupnya ke dalam panci. Panaskan hingga air benar-benar mendidih.

Nggak perlu dicuci, ini cara praktis membersihkan daging sapi dari pasar sebelum diolah

foto: Instagram/@elin.sulivan

Untuk proses ini kamu bisa menggunakan Supra Stock Pot Set 4-in-1 WSP. Set ini cocok untuk memasak berbagai jenis masakan, mulai dari sup, rebusan, hingga tumis. Setiap panci memiliki tutup kaca yang transparan sehingga kamu bisa melihat proses memasak dengan mudah. Bahan panci terbuat dari stainless steel berkualitas yang tahan karat dan mudah dibersihkan. Dengan set panci ini, kamu bisa menghemat ruang penyimpanan karena bisa ditumpuk satu sama lain. Klik di bawah ini untuk mengetahui harga termurah dari Supra Stock Pot Set 4-in-1 WSP.

Kalau sudah mendidih, matikan kompor dan angkat panci. Celupkan sebentar saja potongan daging sapi yang akan diolah.

"Cuman kayak celup gitu aja, biar bakterinya mati saja. Jadinya, biar bakterinya mati aja. Kalau dicuci, bakterinya malah muncrat dan menyebar ke mana-mana," ucapnya lebih lanjut.

Jika sudah, daging sapi pun bisa langsung diolah dengan aneka bumbu sesuai selera. Dengan cara ini, olahan daging sapi pun aman dikonsumsi karena terbebas dari bakteri yang ada.

Gimana, kamu baru tahu kan cara membersihkan daging sapi yang benar? Langsung praktikkan ini di rumah ya sebelum kamu membuat aneka masakan dari daging sapi.

Video milik Elin Sulivan ini sontak jadi perbincangan warganet. Semenjak diunggah pada Mei 2023 lalu, video ini sudah ditonton sebanyak 4 juta kali. Nggak cuma itu, kolom komentarnya pun dipenuhi dengan berbagai tanggapan warga Instagram lainnya.

"Tpe daging yg GK di cuci itu yg biasa buat steik. Karna teknik masak steik yg ada Rare, medium, well done !!!" tulis akun Instagram/@ory.gyroy.

"intinya dia cm blng bakteri nya kemana2 karna air percikan dr dagingnya nempel di area dapur, itu balik ke kalian klo merasa kalian pembersih cara ini bs dilakuin biar g capek bersih2 dapur," sahut akun Instagram @ququ_vy.

"Yang tidak boleh dicuci itu adlah daging *Merah*. Daging putih Harus dicuci.. Ayam, Ikan itu harus dicuci. Dan semua daging apapun tidak boleh dibiarkan di Room temp berlama2. Krna bakteri akan segera beranak pinak," ucap akun Instagram @nurkomariah666.

"Bener banget kata nenek AQ kalo daging tuh GK usah dicuci, biara rasanya GK berubah ," ujar akun Instagram @amyh_51.

"D jelasin kalau better gak d cuci krna nanti bakterinya nyebar kmna mana. D akhir dia jelasin lagi kalau d masak bakterinya bakal mati sndri ," tulis akun Instagram @ichaboranimah.

View this post on Instagram

A post shared by @elin.sulivan

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya