Tak banyak yang tahu, ini trik mengayak tepung di saringan kecil agar tak tumpah dan berserakan

Tak banyak yang tahu, ini trik mengayak tepung di saringan kecil agar tak tumpah dan berserakan
TikTok/@ninaerayuliati

Brilio.net - Tepung kerap dipakai untuk bahan dasar pembuatan kue atau aneka gorengan. Selain itu, tepung juga bisa digunakan untuk membuat saus atau masakan berkuah agar teksturnya jadi lebih kental.

Walau bisa digunakan untuk berbagai keperluan memasak, namuan tepung yang dipakai tentu juga harus sesuai jenisnya. Misalnya tepung terigu untuk membuat kue dan gorengan. Sedangkan tepung maizena buat mengentalkan masakan. Setiap jenis tepung ini memang punya karakter masih-masing, sehingga tidak bisa sembarang digunakan.

Namun meskipun punya karakter yang berbeda, cara penggunaan tepung ini pada dasarnya sama. Sebelum digunakan, tepung perlu diayak terlebih dahulu untuk mendapat tekstur yang halus. Pengayakan ini juga berfungsi untuk memisahkan kotoran atau benda asing yang tak sengaja tercampur dalam tepung. Oleh sebab itu, mengayak tepung sangat penting supaya hasil masakan juga bisa sempurna.

Sayangnya, mengayak tepung ini kerap dianggap menyebalkan bagi sebagian orang. Terlebih jika saringan dan wadah penampung tepungnya cenderung kecil atau sempit. Saat diayak, tepung ini justru banyak yang tumpah dan berserakan di luar wadah.

Alih-alih mendapat hasil tepung yang halus, proses tersebut justru membuat banyak tepung terbuang begitu saja. Selain itu, kamu juga harus membersihkan remahan tepung yang berserakan. Alhasil, semakin banyak PR untuk bersih-bersih setelah bikin masak.

Padahal tahu nggak sih? Sebenarnya ada sebuah trik sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @ninaerayuliati.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya