Trik mengolah ikan kembung agar tidak amis dan duri mudah dilepas, cuma pakai 2 bahan dapur

Trik mengolah ikan kembung agar tidak amis dan duri mudah dilepas, cuma pakai 2 bahan dapur
foto: Instagram/@mafaza.hsh

Brilio.net - Ada banyak jenis ikan yang bisa kamu temui di pasaran, salah satunya ikan kembung. Jenis ikan satu ini disukai karena punya rasa enak. Nggak heran jika banyak orang mengolahnya jadi berbagai menu masakan. Bahkan ikan kembung kerap jadi pilihan sebagai bahan utama menu pendamping ASI (MPASI).

Sama seperti ikan lainnya, ikan kembung juga punya kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Dilansir dari healthline.com, dalam per 100 gram ikan kembung mengandung 20 gram protein. Kandungan protein tinggi dapat menyusun semua sel tubuh, termasuk otot, tulang, rambut, hingga kulit. Nggak cuma itu, protein juga menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika ikan kembung dilewatkan begitu saja.

Ikan kembung bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, dibakar, hingga dimasak kuah. Meski bergizi dan bisa dimasak apa saja, sebagian orang enggan memasak ikan kembung sendiri di rumah. Pasalnya, lendir di permukaan ikan kembung kadang membuat olahannya berbau amis. Belum lagi jumlah duri ikan kembung terbilang banyak dan berukuran kecil.

Usut punya usut, kedua hal tersebut bisa diatasi jika kamu mengolah ikan kembung dengan cara yang benar. Cara mengolah ikan kembung ini sempat dibahas oleh pengguna Instagram @mafaza.hsh. Di salah satu unggahan Instagramnya, ia punya cara tersendiri mengolah ikan kembung agar bebas bau amis dan durinya mudah dilepas. Penasaran gimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya