Tanpa presto atau dibelah dulu, begini trik mengeluarkan duri ikan bandeng pakai 1 alat sederhana

Tanpa presto atau dibelah dulu, begini trik mengeluarkan duri ikan bandeng pakai 1 alat sederhana
TikTok/@dumiseviahafiz

Brilio.net - Ikan bandeng bisa dimasak dengan berbagai macam cara, mulai dari goreng, bakar, hingga dibikin berkuah. Dagingnya yang lembut dan gurih membuat olahan ikan bandeng jadi menu istimewa bikin nagih.

Namun salah satu PR utama saat mengonsumsi ikan bandeng adalah pada durinya. Ikan bandeng memiliki tulang halus yang menyerupai duri. Nah, ada banyak sekali duri-duri menempel pada ikan bandeng yang sulit dipisahkan secara manual. Jika dikonsumsi langsung, duri ini berpotensi tertelan dan tersangkut di tenggorokan. Untuk menghindari hal tersebut, perlu pengolahan khusus untuk menghilangkan duri ikan bandeng.

Biasanya sejumlah orang akan mengandalkan panci presto untuk memasak ikan bandeng. Karena tekanan suhu tinggi pada panci presto bisa membuat duri ikan bandeng berubah lunak seperti tekstur dagingnya.

Selain menggunakan presto, ada juga yang menggunakan metode lain. Misalnya dengan cara membelah daging ikan bandeng dan membuat sayatan-sayatan tipis. Cara ini dipercaya bisa membuat tulang ikannya jadi lunak dan hancur ketika bandeng digoreng atau dimasak.

Tapi sebenarnya ada trik lain yang nggak kalah efektif, lho. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @dumiseviahafiz melalui salah satu unggahannya yang berdurasi 59 menit. Dalam video singkat tersebut, dia menampilkan cara sederhana mengeluarkan duri ikan tanpa perlu dibelah bagian dagingnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya