Tak perlu baking soda dan cuka, begini cara bersihkan lapisan lilin anggur pakai 2 bahan dapur

Tak perlu baking soda dan cuka, begini cara bersihkan lapisan lilin anggur pakai 2 bahan dapur
TikTok/@trihartatiiii

Brilio.net - Anggur biasa dikonsumsi sebagai camilan sehat karena kandungan nutrisinya cukup tinggi. Dilansir dari health.com, buah anggur kaya akan nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan jantung, sekaligus membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Namun supaya seluruh nutrisinya bisa terserap sempurna ke dalam tubuh, pastikan kamu mencuci anggur dengan benar sebelum dikonsumsi. Pasalnya anggur termasuk buah yang mengandung pestisida. Selain itu, ada lapisan lilin putih di bagian luar anggur yang juga harus dibersihkan terlebih dahulu.

Lapisan putih pada anggur ini merupakan lilin yang berfungsi sebagai pengawet. Jika dikonsumsi terlalu sering, lapisan lilin tersebut bisa memberikan efek lain pada tubuh, lho. Dilansir dari food.ndtv.com, seorang ahli nutrisi dari Bangalore, Dr. Anju Sood mengungkapkan bahwa lilin yang digunakan untuk mengawetkan buah dapat merusak sistem pencernaan.

Nah, supaya lebih aman, sebagian orang biasanya akan mencuci anggur dengan bahan khusus, seperti baking soda atau bahkan cuka. Jadi, kedua bahan tadi akan dilarutkan ke dalam air, yang kemudian dipakai untuk merendam anggur selama beberapa menit. Nah, kedua bahan ini dipercaya dapat melunturkan lapisan lilin yang menempel kuat di permukaan anggur.

Namun jika kamu tidak memiliki stok baking soda atau cuka di rumah, ada bahan lain yang bisa digunakan. Seorang pengguna TikTok @trihartatiiii pernah membagikannya melalui salah satu video yang diunggah. Alih-alih menggunakan baking soda dan cuka, dia memilih memakai bahan lain yang lebih mudah ditemukan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya