Tanpa alat apapun, ini cara cepat kupas bawang putih dalam jumlah banyak agar hemat waktu dan tenaga

Tanpa alat apapun, ini cara cepat kupas bawang putih dalam jumlah banyak agar hemat waktu dan tenaga
foto: YouTube/Lia channel

Brilio.net - Sebagai bumbu dasar berbagai masakan, bawang putih menjadi salah satu bahan makanan yang wajib ada stoknya di dapur. Aroma bawang putih yang menyengat selalu bisa membuat masakan semakin nikmat. Selain itu, saat dimasak, bawang putih juga memberikan cita rasa gurih pada masakan.

Tapi saat hendak digunakan, bawang putih ini harus dikupas terlebih dahulu kulit bagian luarnya. Bagian kulit luar yang kaku dan kasar cenderung mudah dikupas. Sayangnya, bawang putih juga punya kulit ari yang halus dan tipis. Hal inilah yang kemudian membuat pengupasan bawang putih jadi lebih lama karena mengupas kulit ari tersebut mudah sobek dan harus dikupas secara hati-hati.

Jika jumlah bawang putih yang dikupas hanya beberapa siung saja, hal tersebut barangkali bukan menjadi masalah. Namun jika bawang putih hendak dijadikan bumbu masakan porsi besar, tentu jumlahnya bisa sampai berkilo-kilo. Mengupasnya satu per satu bisa membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Untuk mengatasi hal tersebut, kini banyak orang mengandalkan alat khusus. Ada alat pengupas bawang yang juga bisa dipakai untuk mengupas kulit bawang putih ini. Tapi biasanya, alat pengupas bawang ini (terutama yang ukuran besar) dijual dengan harga yang mahal sampai jutaan rupiah.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan metode khusus untuk mengupas bawang putih dalam jumlah banyak. Beruntungnya seorang pengguna YouTube Lia channel pernah membagikan trik cepat mengupas bawang putih dalam jumlah banyak. Supaya bisa hemat waktu dan tenaga, kamu tak perlu menggunakan bantuan alat apa pun, lho. Gimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya