Cukup tambah 2 bahan, ini trik menggoreng bawang putih agar tak pahit dan tetap renyah hingga 2 bulan

Cukup tambah 2 bahan, ini trik menggoreng bawang putih agar tak pahit dan tetap renyah hingga 2 bulan
YouTube/TheHasanVideo

Brilio.net - Bawang putih termasuk salah satu bumbu dasar yang sering diandalkan untuk berbagai macam masakan. Tak hanya aneka tumisan, bawang putih juga kerap dipakai saat hendak membuat nasi goreng, sup, atau sambal. Rasa dan aroma khas dari bawang putih ini bahkan bisa membuat masakan jadi semakin lezat.

Selain untuk bumbu dasar, bawang putih juga sering diolah jadi bawang goreng. Biasanya bawang goreng yang terbuat dari bawang putih ini dimanfaatkan sebagai topping masakan atau bahkan bumbu kuah sup. Selain aromanya sedap, warna kuningnya yang cantik juga bisa membuat masakan lebih menggugah selera.

Sayangnya, membuat bawang putih goreng ini pada dasarnya susah-susah gampang, lho. Banyak orang justru mendapti bawang putih gorengnya malah pahit atau bahkan berubah hitam.

Untuk menghasilkan bawang putih yang renyah dan gurih, kunci utamanya memang terletak pada proses penggorengan. Jadi, bawang putih yang sudah diiris ini harus digoreng dengan metode tepat. Mulai dari takaran minyak, hingga volume apinya harus diperhatikan agar tidak menghasilkan bawang putih gosong dan pahit.

Beruntungnya, seorang pengguna YouTube TheHasanVideo pernah membagikan trik jitu menggoreng bawang putih agar rasanya tak pahit. Selain itu, bawang putih goreng buatannya ini bisa renyah hingga 2 bulan lamanya walau disimpan di suhu ruang, lho. Usut punya usut, pengguna YouTube tersebut menggunakan dua bahan tambahan saat hendak menggoreng bawang putih.

Dilansir BrilioFood dari YouTube TheHasanVideo pada Selasa (15/8), dua bahan yang dipakai adalah garam dan cuka. Jadi bawang putih yang sudah diiris akan direndam secara bergiliran dengan dua bahan tadi. Proses perendaman ini pun harus diperhatikan agar hasil bawang gorengnya bisa maksimal.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya