Tanpa bahan tambahan, ini trik goreng terong agar warnanya tetap hijau dan tak berminyak

Tanpa bahan tambahan, ini trik goreng terong agar warnanya tetap hijau dan tak berminyak
YouTube/Endang Mengge

Brilio.net - Eggplant atau terong (Solanum melongena) adalah tanaman berbunga yang masuk dalam golongan ‘nightshade’. Secara ilmiah, terong termasuk dalam golongan buah bukan sayuran.

Terong terdiri dari beragam jenis. Ada terong ungu, belanda, putih, hijau, dan lainnya. Terong punya tekstur lembut dan rasanya sedikit manis. Nggak heran jika banyak orang mengolahnya jadi berbagai menu masakan sehari-hari.

Dari banyaknya pilihan, terong goreng jadi olahan yang digemari banyak orang. Selain enak dimakan langsung, terong goreng juga cocok dimasak lagi pakai sambal balado. Menu satu ini biasanya disajikan sebagai pendamping sepiring nasi hangat. Nggak cuma mengenyangkan, namun olahan satu ini dijamin menggoyang lidah.

Meski enak, membuat terong goreng bisa dibilang susah-susah gampang, nih. Mengingat terong termasuk bahan makanan yang mudah menyerap banyak minyak. Jika digoreng secara asal, terong jadi berminyak sehingga teksturnya lembek dan tak lagi nikmat saat disantap. Nggak cuma itu, warna terong pun berubah kehitaman.

Nah, supaya proses menggoreng terong matang merata kamu bisa menggunakan wajan keramik. Terlebih alat ini juga mudah dibersihkan. Kini di pasaran sudah banyak wajan keramik dijual dengan harga terjangkau. Buat kamu yang sedang mencari, berikut rekomendasinya.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube Endang Mengge. Di salah satu videonya, ia berbagi cara menggoreng terong agar warnanya tetap cerah dan tak menyerap banyak minyak. Nggak perlu khawatir, cara yang dilakukannya terbilang mudah dan nggak perlu menyiapkan bahan tambahan. Penasaran gimana caranya?


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya