Tanpa baking soda dan margarin, ini trik bikin bakwan jagung renyah, tak berminyak, dan mudah ambyar

Tanpa baking soda dan margarin, ini trik bikin bakwan jagung renyah, tak berminyak, dan mudah ambyar
foto: Instagram/@aaron_laksana

Brilio.net - Bakwan jagung merupakan camilan populer yang terbuat dari campuran adonan tepung terigu, jagung manis, bawang merah, daun bawang, dan rempah-rempah lainnya. Camilan ini memiliki tekstur renyah di luar namun lembut di dalam. Sedangkan rasanya cenderung gurih dan manis yang berasal dari jagung yang segar. Bakwan jagung sering disajikan sebagai camilan atau lauk pauk yang lezat untuk disantap bersama keluarga.

Proses pembuatan bakwan jagung relatif mudah. Semua bahan dicampur menjadi adonan dan kemudian digoreng hingga matang dan berwarna keemasan. Namun agar tekstur bakwan semakin renyah, biasanya ada bahan tambahan yang dimasukkan ke dalam adonan, seperti baking soda atau margarin yang sudah dicairkan.

Namun tahu nggak sih? Sebenarnya ada trik lain yang bisa dipraktikkan jika ingin mendapat hasil bakwan jagung yang renyah, tak berminyak, dan mudah ambyar saat digoreng. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @aaron_laksana. Chef sekaligus konten kreator yang kerap disapa Aaron ini mengaku menerapkan beberapa trik dalam membuat bakwan jagung agar hasilnya lebih enak.

Dilansir BrilioFood pada Rabu (3/4), setidaknya ada tiga trik yang menjadi kunci utama dari pembuatan bakwan jagung ini. Trik ini meliputi penggunaan bahan yang akan dicampur ke dalam adonan bakwan tersebut.

Tanpa baking soda dan margarin, ini trik bikin bakwan jagung renyah, tak berminyak, dan mudah ambyar

trik bikin bakwan jagung tanpa baking soda dan margarin
Instagram/@aaron_laksana

Untuk trik yang pertama, pastikan jagung pipil yang digunakan dalam kondisi segar. Menurut Aaron, jagung segar biasanya memiliki rasa lebih manis dan kandungan air lebih rendah. Sebaliknya, jagung pipil kalengan yang kurang segar cenderung berair, sehingga membuat bakwan mudah lembek dan menyerap minyak saat digoreng.

(brl/ola)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya