Tanpa diberi baking soda, ini cara bikin usus goreng renyah dan antikeras pakai 2 bahan dapur

Tanpa diberi baking soda, ini cara bikin usus goreng renyah dan antikeras pakai 2 bahan dapur
foto: YouTube/mbok midut

Brilio.net - Ada berbagai jeroan yang dapat disulap jadi hidangan lezat, salah satunya usus ayam. Masakan berbahan usus ayam ini kerap diolah jadi menu lauk pendamping nasi, seperti sate usus, tumis usus saus tiram, oseng sambal usus ayam, usus ayam bumbu kuning, dan lain sebagainya. Rasa usus yang gurih dan tekstur kenyalnya bikin nagih di lidah.

Selain diolah jadi menu lauk, usus ayam juga dapat dibuat jadi camilan, yaitu usus goreng krispi, lho. Biasanya, olahan usus goreng ini bisa ditemukan di warteg, toko swalayan, sampai warung-warung kecil. Camilan usus goreng ini cocok banget disantap langsung begitu saja ataupun dicocol ke saus sambal.

Di samping membelinya di pasaran, usus goreng juga bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Namun, banyak orang yang menghindari masak camilan satu ini karena belum tahu trik supaya teksturnya tak keras. Pasalnya, kalau hasil gorengan usus goreng keras, bisa-bisa bikin sakit gigi atau cepat lelah saat mengunyahnya, kan?

Makanya seringkali orang-orang menambahkan baking soda ke dalam adonan tepung usus goreng sebelum digoreng. Tetapi, kalau kamu tak memiliki bahan tersebut di rumah, masih ada trik lain yang juga bisa dipraktikkan, lho. Seperti trik yang dibagikan oleh warganet di akun YouTube mbok midut, ia mengaku hanya pakai dua bahan dapur biar usus goreng buatannya bisa renyah dan antikeras.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya