Tanpa diberi garam, ini trik melebatkan pohon daun jeruk purut agar semakin rimbun dan bebas hama

Tanpa diberi garam, ini trik melebatkan pohon daun jeruk purut agar semakin rimbun dan bebas hama
YouTube/GRIYA NANDA PUTRA

Brilio.net - Ada banyak jenis rempah daun yang digunakan saat memasak. Salah satu di antaranya adalah daun jeruk purut. Selain dicampur ke dalam masakan, daun berbentuk lonjong ini juga dapat dipakai untuk garnish atau hiasan hidangan.

Memiliki segudang manfaat dan kegunaan, tak sedikit orang lantas sengaja stok daun jeruk. Sayangnya, jika cara menyimpan daun jeruk kurang tepat, rempah satu ini justru mengering dan berubah kehitaman. Kalau sudah begini, daun jeruk malah dibuang begitu saja, nih.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba menanam daun jeruk sendiri di rumah. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan daun jeruk yang fresh (segar) saat dibutuhkan untuk masakan.

Agar tumbuh lebat, sejumlah orang sengaja menaburkan garam ke pohon daun jeruk purut. Dilansir dari www.trees.com, kandungan magnesium pada garam bisa membantu produksi klorofil (zat di daun untuk fotosintesis). Jika proses fotosintesis berjalan baik, pertumbuhan pohon jeruk purut juga akan optimal.

Sayangnya merawat pohon daun jeruk tidaklah mudah. Karena berbagai tanaman, termasuk pohon daun jeruk mudah sekali terserang hama.

Alih-alih tetap fresh dan hijau, daun jeruk justru berubah kekuningan dan bentuknya pun tergulung. Masalah tersebut juga pernah dirasakan oleh pengguna YouTube GRIYA NANDA PUTRA.

"Daun jeruk saya menggulung seperti ini karena ada hama. Akhirnya saya mencoba cara satu ini biar daun jeruk purut saya ini nggak rusak dan mati," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube GRIYA NANDA PUTRA pada Rabu (25/10).

Tanpa diberi garam, ini trik melebatkan pohon daun jeruk purut agar semakin rimbun dan bebas hama

foto: YouTube/GRIYA NANDA PUTRA


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya