Tanpa direndam air, ini trik menyimpan daun jeruk agar tak layu, tetap hijau, dan segar hingga 2 bulan

Tanpa direndam air, ini trik menyimpan daun jeruk agar tak layu, tetap hijau, dan segar hingga 2 bulan
TikTok/@hungrymikego

Brilio.net - Ada banyak sekali jenis rempah daun yang digunakan untuk menyedapkan masakan. Salah satu di antaranya adalah daun jeruk. Jenis rempah daun ini paling sering dipakai dalam berbagai macam masakan Indonesia. Selain untuk penyedap masakan, daun jeruk terkadang juga dipakai untuk garnish atau hiasan agar hidangan semakin cantik.

Banyaknya kegunaan daun jeruk membuatnya kerap dijadikan sebagai stok dapur. Harganya yang relatif murah membuatnya kerap dijual dalam jumlah banyak. Alhasil, pembeli pun harus bisa menyimpannya sebagai stok bahan dapur.

Sayangnya, daun jeruk ini termasuk bahan dapur yang nggak awet. Dalam hitungan hari saja, daun jeruk bisa jadi hitam, layu, dan kering jika disimpan di suhu ruang. Padahal kondisi daun jeruk yang seperti ini cenderung tidak layak dipakai karena aromanya kuran sedang.

Untuk mencegah hal tersebut, daun jeruk biasanya disimpan dengan cara khusus. Salah satunya adalah dengan merendamnya dalam wadah berisi air. Metode ini dipercaya mampu membuat daun jeruk tetap segar dalam waktu lama. Namun perlu diketahui bahwa merendam daun jeruk dapat membuat aromanya memudar secara bertahap.

Supaya lebih aman, kamu bisa menggunakan trik yang dilakukan pengguna TikTok @hungrymikego. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya cara lain agar daun jeruk bisa awet hingga 2 bulan lamanya. Karena tidak menggunakan air, kamu jadi nggak perlu mengganti air secara berkala.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya