Tanpa dijemur, ini cara bikin keripik singkong pedas manis lebih renyah dan tak alot modal Rp5.000

Tanpa dijemur, ini cara bikin keripik singkong pedas manis lebih renyah dan tak alot modal Rp5.000
foto: YouTube/Bude Via

Brilio.net - Jika memiliki stok singkong di rumah, kamu bisa mengolahnya jadi berbagai macam camilan. Keripik adalah salah satunya. Keripik singkong termasuk makanan ringan yang renyah dan selalu cocok disantap dalam berbagai situasi, misalnya saat bersantai atau kumpul keluarga di rumah.

Pada umumnya, keripik singkong memiliki rasa gurih karena hanya diberi tambahan garam atau penyedap. Namun sebenarnya ada variasi lain dari keripik singkong yang punya rasa pedas manis. Yup! Keripik singkong dengan rasa pedas manis memiliki sebutan lain, yakni manggleng.

Nah, manggleng atau keripik singkong pedas manis ini biasanya dimasak dengan tambahan bumbu. Bumbu ini terdiri dari bahan dasar bawang, gula, dan cabai. Sejumlah bahan tersebut lantas membuat keripik jadi lebih lezat dan menggugah selera.

Namun seperti membuat keripik pada umumnya, singkong biasanya perlu diiris dengan alat khusus agar semakin tipis. Selain itu, singkongnya juga harus dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Proses ini dinilai dapat menghasilkan keripik yang renyah dan antialot.

Tapi tak perlu khawatir, kamu tetap bisa membuat keripik singkong yang pedas manis meskipun tanpa dijemur atau diiris dengan alat khusus. Seorang pengguna YouTube Bude Via pernah membuktikan hal tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku dengan bahan dan proses yang cepat, dia bisa membuat keripik singkong enak.

Dilansir BrilioFood pada Kamis (4/1), keripik singkong tersebut bahkan dapat dibuat dengan modal minim. Cukup Rp5.000 saja, dia bisa membuat 5 bungkus keripik singkong yang dijual dengan harga Rp10 ribu. Cocok buat modal jualan, bukan?

Nah, untuk proses membuatnya sendiri. Kamu cukup menyiapkan 4 buah singkong. Potong-potong jadi beberapa bagian dan kupas kulitnya. Jika sudah, cuci singkong sambil digosok-gosok menggunakan tangan sampai benar-benar bersih.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya