Tanpa direbus berkali-kali, ini trik agar isian lumpia rebung tak bau pesing ditambah 1 bahan dapur

Tanpa direbus berkali-kali, ini trik agar isian lumpia rebung tak bau pesing ditambah 1 bahan dapur
foto: TikTok/@esanirwana

Brilio.net - Penggemar kudapan gurih pasti sudah nggak asing dengan lumpia. Camilan bisa dibuat menggunakan berbagai isian, salah satu paling terkenal yakni rebung. Lumpia isi rebung diketahui berasal dari Semarang, tapi hidangan ini juga mudah ditemui di berbagai daerah lain.

Lumpia rebung cocok banget dijadikan sebagai camilan sore sambil minum teh atau kopi. Di samping itu, tak jarang hidangan ini juga disajikan saat perayaan momen spesial, seperti buka puasa, Lebaran, Natal, pernikahan, dan lain sebagainya.

Tetapi, banyak orang menghindari lumpia rebung karena hidangan ini dianggap mengeluarkan bau pesing cukup kuat. Bau ini berasal dari senyawa organik yang dikeluarkan oleh rebung. Nah, biar nggak bau, kamu bisa bikin lumpia rebung sendiri di rumah dengan sejumlah trik memasak, lho.

Trik umum agar isian lumpia rebung tak bau pesing bisa dengan merebusnya berkali-kali. Namun, buat kamu yang nggak ingin buang-buang banyak waktu untuk merebus rebung berkali-kali, tampaknya trik dari warganet di akun TikTok @esanirwana cocok buat kamu.

Jadi, trik agar isian lumpia rebung tak bau ini hanya butuh 1 kali proses merebus. Tapi, sebelum merebus pastikan dulu rebung sudah dipotong-potong dan dicuci sampai bersih di bawah air mengalir. Kemudian, rebus sampai empuk, tiriskan rebung, kemudian bilas kembali dengan air mengalir.

Tanpa direbus berkali-kali, ini trik agar isian lumpia rebung tak bau pesing ditambah 1 bahan dapur

foto: TikTok/@esanirwana

Lalu, sisihkan dulu rebungnya untuk menyiapkan bumbu halus. Ulek atau blender bawang merah dan bawang putih secukupnya. Di samping itu, tambahkan pula sedikit jahe. Yup, jahe inilah bahan dapur utama untuk dicampurkan pada isian lumpia rebung agar tak bau pesing.

"Kunci selanjutnya ialah di bumbu halusnya tambahkan jahe untuk meminimalisir bau pesingnya," tulis pemilik akun TikTok @esanirwana dalam unggahannya, dikutip BrilioFood pada Senin (25/3).

Setelah dihaluskan, tumis bumbu halus hingga wangi. Lalu, masukkan rebungnya dan tumis terus hingga benar-benar matang. Selagi dimasak, rebung juga bisa dicampurkan dengan bumbu dan bahan lain seperti daun bawang, saus tiram, kecap asin, garam, gula, penyedap, dan lain sebagainya.

Usai tumisan rebung matang dan tercampur sempurna dengan semua bahan lain, matikan api kompor dan diamkan hingga tak panas lagi. Terakhir, rebung siap dijadikan sebagai isian lumpia.

Tanpa direbus berkali-kali, ini trik agar isian lumpia rebung tak bau pesing ditambah 1 bahan dapur

foto: TikTok/@esanirwana

Wah, ternyata simpel banget kan trik agar isian lumpia rebung tak bau pesing ini? Mengintip unggahan TikTok @esanirwana yang sudah ditonton 66 ribu kali, banyak warganet meninggalkan komentar antusias soal lumpia rebung, lho.

@esanirwana Semarang terkenal bgt sama Lumpianya, Tips agar rebungnya tdk bau ialah setelah di potong2 cuci sampai bersih dgn air mengalir, lalu rebus kemudian tiriskan, kunci selanjutnya ialah di bumbu halusnya tambahkan jahe utk meminimalisir bau Pesingnya.. Tapi rebung yg aq beli di pasar dkt rumah ku ini sama sekali sekali g bau kok gengs #lumpiasemarang #makanansemarang #makanankhassemarang #oleholehsemarang #olahanrebung #reseprebung #semarang #lumpiakering Flowers - Miley Cyrus

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya