Tanpa direndam air panas, ini cara bersihkan tatakan kompor berminyak dan berkerak pakai 3 bahan dapur

Tanpa direndam air panas, ini cara bersihkan tatakan kompor berminyak dan berkerak pakai 3 bahan dapur
Facebook/Fitri Rahmawati

Brilio.net - Kompor dipakai untuk memasak. Oleh sebab itu, setiap dapur pasti memiliki kompor dengan berbagai macam jenis dan model. Kompor modern umumnya menggunakan bahan bakar seperti gas, listrik, atau induksi untuk menghasilkan panas yang diperlukan untuk memasak.

Untuk menjaga kompor tetap awet dan berfungsi dengan baik, perawatan yang tepat memang sangat diperlukan. Membersihkan kompor secara teraturmisalnya, bisa membantu menghindari penumpukan kotoran dan lemak yang dapat mengganggu kinerjanya. Tak hanya kotoran di bodi kompor, komponen lain seperti tatakannya pun harus dibersihkan secara teratur.

Walaupun begitu, banyak orang yang masih abai dengan kebersihan tatakan kompor ini. Alhasil, tatakan jadi tampak kotor karena berkerak dan penuh noda minyak. Padahal jika sudah seperti itu, tatakan kompor akan sulit dibersihkan, lho. Beberapa orang bahkan mencuci kompor dengan trik khusus, seperti merendamnya terlebih dahulu dalam air panas agar kerak dan lemaknya rontok.

Namun alih-alih merendamnya terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan cara yang lebih praktis untuk membersihkan tatakan kompor. Seorang pengguna Facebook Fitri Rahmawati pernah membagikan trik membersihkan tatakan kompor berkerak dan berminyak dengan mudah tanpa direndam. Hanya dengan tiga bahan dapur, dia bisa membuat tatakan kompor jadi kinclong lagi.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya