Tanpa direndam air panas, ini trik bersihkan tungku kompor penuh kerak dan lemak dengan 2 bahan dapur

Tanpa direndam air panas, ini trik bersihkan tungku kompor penuh kerak dan lemak dengan 2 bahan dapur
YouTube/Naoki Hamizan

Brilio.net - Saat memasak di atas kompor, cipratan makanan dari panci atau wajan seringkali tidak bisa dihindari. Mulai dari air, kuah masakan, bahan makanan, hingga minyak kerap mengotori bagian kompor. Semakin lama dibiarkan, noda-noda ini akan membuat kompor jadi terlihat kotor.

Sayangnya, bagian yang kotor bukan hanya bodi kompor saja. Namun tungku kompor juga rentan terkena kotoran. Karena berfungsi sebagai penyanggah atau tatakan alat masak, akan sangat wajar jika kotoran dan noda masakan mengenai tungku.

Jika dibandingkan dengan bodinya, kebersihan tungku kompor ini cenderung lebih sering diabaikan. Hal ini sontak membuat noda di tungku kompor semakin tebal. Lantas, paparan api dari kompor berpotensi membuat noda tersebut jadi berkerak dan sulit dibersihkan.

Memang sabun cuci piring saja tidak cukup untuk mengangkat noda kerak dan lemak dai tungku kompor. Sebagai gantinya, sebagian besar orang biasanya akan menggunakan cara lain. Salah satunya adalah merendam tungku dalam air. Bahkan ada yang menggunakan air panas demi melunakkan kerak yang berminyak tersebut.

Tapi tahu nggak sih, sebenarnya kamu nggak melulu harus merendam tungku kompor dalam air jika ingin mencucinya. Ada trik lain yang nggak kalah ampuh dalam membersihkan tungku kompor penuh kerak dan lemak.

Nah, trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube Naoki Hamizan. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan dua bahan sederhana yang dapur sebagai pembersih.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya