Tanpa direndam dan direbus, ini trik ampuh basmi bau tak sedap dan racun pada jengkol

Tanpa direndam dan direbus, ini trik ampuh basmi bau tak sedap dan racun pada jengkol
YouTube/KAROJA FAMILY

Brilio.net - Walaupun memiliki bau tak sedap, namun banyak orang yang masih gemar mengonsumsi jengkol. Rasanya yang lezat memang selalu bisa menambah selera makan. Selain itu, tekstur jengkol yang empuk setelah direbus dianggap mirip dengan daging.

Namun tetap banyak orang yang enggan mengonsumsi jengkol karena bau yang kurang sedap. Selain bau, jengkol juga dikenal mengandung racun. Racun ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti nyeri perut, mual, muntah, hingga sulit buang air kecil.

Salah satu pengguna YouTube bernama KAROJA FAMILY pernah menjelaskan lebih lanjut tentang racun jengkol tersebut. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku racun tersebut bisa membahayakan tubuh manusia jika dikonsumsi

"Kita tahu kan bun, salah satu zat dinilai berbahaya untuk manusia itu terdapat pada jengkol. Di mana zat itu adalah asam jengkolat," terang YouTube KAROJA FAMILY, dikutip BrilioFood pada Rabu (19/4).

Dilansir dari drugs.ncats.io, asam jengkolat sendiri merupakan racun yang mengandung belerang dan asam amino non-protein. Saat kadar asam jengkol dalam tubuh terlalu tinggi, maka hal tersebut bisa menimbulkan endapan dan terbentuk kristal tajam seperti jarum di dalam ginjal.

Untuk meminimalisir racun tersebut, pengguna YouTube KAROJA FAMILY melakukan trik khusus dalam mengolah jengkol. Namun proses perendaman dan perebusan tidak selalu ampuh menurunkan kadar asam pada jengkol. Oleh karena itu, dia pun menerapkan trik lain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya