Tanpa disikat, begini cara bersihkan gayung berkerak agar kinclong lagi cuma tambah 1 bahan dapur

Tanpa disikat, begini cara bersihkan gayung berkerak agar kinclong lagi cuma tambah 1 bahan dapur
YouTube/@perlengkapanrumahtanggakamu

Brilio.net - Gayung menjadi peralatan mandi yang wajib ada di kamar mandi. Peralatan mandi ini punya fungsi utama, yakni untuk mengambil atau menuangkan air. Hal tersebut membuat gayung menjadi salah satu alat yang selalu dipakai hampir setiap hari.

Namun seiring tingginya intensitas penggunaan, gayung juga sangat rentan kotor dan berkerak, lho. Gayung bisa berkerak karena adanya penumpukan kotoran, mineral, dan bakteri yang berasal dari air. Nah, air yang mengandung mineral tinggi, seperti air keras, cenderung meninggalkan endapan yang disebut kerak ketika mengering.

Jika gayung tidak dikeringkan dengan baik setelah digunakan, air yang tersisa di dalamnya dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Baik bakteri maupun jamur tersebut bisa menyebabkan kerak. Padahal kondisi gayung yang kotor dan berkerak ini tentu cenderung kurang nyaman digunakan. Oleh sebab itu, penting untuk membersihkan dan mengeringkan gayung secara berkala demi mencegah terbentuknya kerak.

Namun jika gayung di kamar mandi telanjur berkerak, tak perlu khawatir, ada cara yang bisa diterapkan untuk membersihkannya. Cara ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube @perlengkapanrumahtanggakamu. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya