Tanpa ditambah tisu atau bawang putih, ini trik mengawetkan cabai agar tak mudah busuk hingga 3 bulan

Tanpa ditambah tisu atau bawang putih, ini trik mengawetkan cabai agar tak mudah busuk hingga 3 bulan
TikTok/@nityasawijaya ; TikTok/@drakorlovers41

Brilio.net - Pada dasarnya, ada banyak sekali bahan makanan yang bisa meningkatkan rasa pedas. Cabai termasuk salah satunya. Bahan makanan satu ini paling sering dipakai karena bisa memberikan sensasi pedas yang menyengat. Selain itu, cabai juga meningkatkan cita rasa masakan jadi lebih nikmat.

Saking seringnya dipakai dalam berbagai masakan, cabai jadi bahan makanan yang seolah wajib dijadikan stok dapur. Hal ini mendorong sejumlah orang untuk membeli cabai dalam jumlah banyak untuk kemudian disimpan.

Nah, jika disimpan dalam kulkas, cabai bisa tetap segar sampai 1 minggu. Lebih dari itu, cabai biasanya akan busuk. Pembusukan ini ditandai dengan tekstur cabai yang berubah lembek dan berair. Selain busuk, cabai yang disimpan terlalu lama di kulkas juga bisa mengering, sehingga tidak layak digunakan untuk memasak.

Lantas demi memperpanjang masa simpannya, cabai biasanya akan diletakkan di wadah kedap udara. Nah, wadah ini lantas dialasi dengan tisu agar cabai tak mudah busuk. Ada juga yang kemudian menambahkan 1 siung bawang putih supaya cabai yang disimpan semakin tahan lama.

Walau ampuh, namun metode tersebut punya kekurangan tersendiri, lho. Jika disimpan dengan tisu, kamu harus mengganti tisu secara berkala karena kondisinya yang berair jika disimpan lama di kulkas. Hal ini juga berlaku kalau kamu menyimpannya bersama bawang putih, karena akan tumbuh tunas.

Padahal jika tahu trik khususnya, kamu bisa mengawetkan cabai dengan cara yang lebih mudah. Seorang pengguna TikTok @nityasawijaya pernah membeberkan trik mengawetkan cabai agar tak busuk sampai 3 bulan lamanya. Tak perlu khawatir, cabai ini tidak akan berubah rasa sekalipun disimpan lama.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya