Tanpa dikeringkan, begini cara mengawetkan cabai agar tahan berbulan-bulan di suhu ruang

Tanpa dikeringkan, begini cara mengawetkan cabai agar tahan berbulan-bulan di suhu ruang
YouTube/fii lombok sang petualang

Brilio.net - Ada banyak orang suka makan pedas. Sebagian besar masakan tradisional bahkan memiliki cita rasa pedas. Nggak heran jika bahan makanan bercita rasa pedas seperti cabai selalu diburu dan laris manis di pasaran.

Sama seperti bawang merah dan bumbu rempah lain, cabai sudah jadi bumbu dapur yang wajib ada. Oleh karena itu, banyak orang akan menyimpan cabai dalam jumlah banyak sebagai stok. Namun pastikan cabai disimpan dengan baik karena bumbu dapur satu ini mudah sekali busuk.

Untuk mencegah pembusukan, tak jarang sebagian orang melakukan pengawetan cabai. Salah satu metode yang paling sering dipakai adalah pengeringan. Jadi cabai akan dikeringkan agar bebas air, lalu bisa awet disimpan berbulan-bulan tanpa kulkas.

Sayangnya, tidak sedikit yang kurang suka menggunakan cabai kering. Karena tentu berbeda dengan cabai segar, cabai kering ini cenderung kurang lezat saat dimasak. Selain itu, rasa pedasnya juga berkurang.

Padahal selain dikeringkan, ada cara lain yang nggak kalah efektif dalam mengawetkan cabai. Seorang pengguna YouTube dengan akun bernama fii lombok sang petualang pernah membeberkannya. Dalam video yang diunggah, dia mengaku mengawetkan cabai agar tetap segar tanpa bahan kimia.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya