Tanpa ditambal plastik atau karet gelang, begini cara mengatasi tabung gas bocor dan mendesis

Tanpa ditambal plastik atau karet gelang, begini cara mengatasi tabung gas bocor dan mendesis
TikTok/@tukangoprek_hr

Brilio.net - Bagi banyak orang, memasak menjadi kegiatan yang menyenangkan. Di dapur, kamu bisa mengotak-atik bahan makanan jadi masakan yang lezat. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dapur juga jadi tempat berisiko.

Penggunaan api kompor dapat menyebabkan kecelakaan fatal seperti kebakaran. Hal ini kerap terjadi ketika tabung gas yang dipakai dalam kondisi bocor. Lantas kebocoran yang terkena percikan api akan langsung menghasilkan api besar dan kebakaran. Tentu sangat berbahaya, bukan?

Pada dasarnya, kebocoran pada tabung gas ini dapat dideteksi dari bau dan suara. Tabung gas bocor cenderung mengeluarkan bau gas menyengat dan suara mendesis. Jika sudah seperti ini, pastikan kamu langsung melepas regulator yang terpasang pada tabung gas.

Kebocoran ini biasanya diakibatkan karena kondisi tabung yang sudah aus. Oleh sebab itu, kamu bisa mengembalikan tabung gas dan menggantinya dengan yang baru. Atau jika masih ingin digunakan, kamu bisa mengatasi sendiri dengan cara yang sederhana.

Sejumlah orang biasanya akan mengandalkan karet gelang dan plastik lembaran. Karena umumnya kebocoran terjadi di mulut tabung, maka bisa ditambal hanya dengan melapisi seal merah (karet bawaan) dengan karet gelang. Atau bisa juga dengan menambal mulut tabung dengan plastik yang sudah dilubangi. Nah, barulah kemudian regulatornya bisa langsung dipasang.

Bagi beberapa orang, cara ini memang ampuh. Namun bagi sebagian yang lain, cara tersebut justru tidak membuahkan hasil apapun. Oleh sebab itu, mereka akan memutar otak untuk mengatasi masalah tabung gas yang bocor dan mendesis.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pengguna TikTok @tukangoprek_hr. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku tidak memanfaatkan plastik atau bahkan karet gelang.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya