Tanpa fermentasi, ini cara bikin pakan ayam agar hewan ternak tak mudah sakit pakai 2 bahan dapur

Tanpa fermentasi, ini cara bikin pakan ayam agar hewan ternak tak mudah sakit pakai 2 bahan dapur
foto: YouTube/Kebun Organik

Brilio.net - Ada banyak jenis hewan ternak yang dapat dibudidayakan di rumah, salah satunya ayam. Laiknya merawat hewan lain, ayam juga wajib dirawat supaya selalu sehat dan dapat menghasilkan daging dan telur-telur berkualitas. Salah satu cara merawat ayam yang paling mudah sudah pasti dengan rutin memberi pakan yang berkualitas.

Memang sudah banyak jenis pakan ayam yang dijual di pasaran. Tetapi, kamu pun bisa meracik pakan ayam sendiri di rumah pakai bahan-bahan sederhana, lho. Namun, seringkali banyak orang malas membuat pakan ayam sendiri karena harus melalui proses fermentasi dulu hingga beberapa hari. Jangan khawatir, karena ada jenis pakan ayam lain yang tak perlu fermentasi sama sekali, loh.

Trik membuat pakan ayam tanpa fermentasi ini sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Kebun Organik. Usut punya usut, ia menggunakan dua bahan dapur yang sangat mudah didapatkan. Selain sederhana, pakan ayam ini juga disebut-sebut sangat bermanfaat untuk ayam, lho. Penasaran gimana trik membuatnya?

"Kita persiapkan dari pakannya yang mengandung banyak kalori dan zat-zat yang bisa menimbulkan hawa panas di badannya, sehingga ayam dapat bertahan hidup," ungkap pemilik akun YouTube Kebun Organik, dikutip BrilioFood pada Kamis (26/10).

(brl/lak)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya