Tanpa garam, begini cara merebus daun singkong agar cepat empuk dalam 5 menit dan warnanya tetap hijau

Tanpa garam, begini cara merebus daun singkong agar cepat empuk dalam 5 menit dan warnanya tetap hijau
YouTube/DP Lestari

Brilio.net - Sudah sejak lama, daun singkong dikonsumsi sebagai menu sayur andalan keluarga. Jenis sayur satu ini memang mudah ditemukan dan dikenal ekonomis. Selain itu, daun singkong juga padat akan nutrisi. Dilansir dari sciencedirect.com, daun singkong memiliki protein, mineral, serta vitamin yang untuk menjaga tubuh tetap fit.

Daun singkong juga selalu cocok dimasak jadi berbagai macam menu. Misalnya untuk lalapan, aneka tumisan, hingga gulai. Aneka bumbu khas Nusantara ini bisa bikin sajian daun singkong semakin lezat, lho.

Namun sebelum siap dimasak dengan berbagai macam bumbu, daun singkong ini perlu direbus terlebih dahulu agar empuk. Proses perebusan daun singkong seringkali jadi pekerjaan yang gampang-gampang susah. Bukan tanpa sebab, banyak orang yang mengaku hasil rebusan daun singkong miliknya jadi cokelat atau kurang matang.

Memang, butuh waktu yang lama untuk mengempukkan daun singkong. Di sisi lain, proses perebusan yang lama juga bisa membuat warna hijau alami daun singkong jadi luntur. Hal tersebut sontak membuat tampilan daun singkong jadi cokelat atau bahkan hitam.

Untuk mencegah hal tersebut, banyak orang kemudian mengandalkan bahan-bahan khusus, misalnya garam. Jadi daun singkong akan direbus dengan campuran garam. Sebagian orang percaya hal ini bisa mempercepat proses perebusan sekaligus membuat warna daun tetap hijau segar.

Namun selain garam, ada bahan lain nggak kalah ampuh, lho. Seorang pengguna YouTube DP Lestari pernah membagikan cara merebus daun singkong yang biasa dilakukan. Bukan dengan tambahan garam, dia punya bahan khusus lain yang lebih ampuh membuat daun singkong cepat empuk.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya