Tanpa kapur sirih, ini cara ampuh hilangkan lendir ikan lele cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa kapur sirih, ini cara ampuh hilangkan lendir ikan lele cuma pakai 2 bahan dapur
Gampang banget ditiru |

Berdasarkan lansiran BrilioFood dari TikTok @neng_aisy1 pada Senin (4/12), diperlukan sejumlah bahan dapur untuk dapat menghilangkan lendir ikan lele. Biasanya, orang-orang memanfaatkan kapur sirih untuk membantu menghilangkan lendir pada lele. Tetapi, berbeda dengan warganet akrab disapa Aisyl ini.

Langkah pertama, cuci bersih dan letakkan semua ikan lele yang ingin dihilangkan lendirnya di dalam mangkuk atau baskom. Kemudian, siapkan garam dan jeruk nipis. Nah, kedua bahan dapur inilah yang dianggap ampuh untuk mengenyahkan lendir yang menempel pada ikan lele.

Tanpa kapur sirih, ini cara ampuh hilangkan lendir ikan lele cuma pakai 2 bahan dapur

foto: TikTok/@neng_aisy1

Setelah itu, taburi ikan lele tersebut dengan garam secukupnya terlebih dahulu. Pastikan semua bagian lele terkena garam secara merata. Selanjutnya, beri perasan air jeruk nipis. Pemilik akun TikTok @neng_aisy1 menggunakan satu buah jeruk nipis.

Barulah tuang air panas hingga memenuhi wadah. Seketika lendir akan terpisah dengan sendirinya. Untuk memastikan lendir benar-benar bersih, bisa bilas kembali dengan air mengalir. Selain dapat menghilangkan lendir, trik ini juga dapat membuat bau lumpur dan amis ikan lele turut menghilang.

Tanpa kapur sirih, ini cara ampuh hilangkan lendir ikan lele cuma pakai 2 bahan dapur

foto: TikTok/@neng_aisy1

Gimana, gampang banget kan triknya? Pemilik akun TikTok @neng_aisy1 juga mengatakan, saat mempraktikkan trik ini, ia pun tak perlu menggosok ataupun menyikat ikan lele karena lendirnya auto larut bersama air dengan sendirinya dalam waktu beberapa detik saja.

Mengintip unggahan milik TikTok @neng_aisy1, beberapa warganet lain di TikTok pun turut menanggapi video yang sudah ditonton lebih dari 5 ribu kali tersebut. Bahkan, tidak sedikit yang meninggalkan komentar positif di unggahan ini, lho.

"ka aku ikuti tips, loh ikan ku malah jd mateng kena air rebusannya," ungkap TikTok @Ti dan ditanggapi oleh pemilik akun TikTok @ummashooo, "jgn air mndidih banget kak."

Nah, trik membersihkan ikan lele ini bisa langsung dicoba di rumah. Kamu juga tak perlu khawatir lagi dengan lendir yang susah hilang saat hendak mengolah ikan lele.

@neng_aisy1 tips cara membersihkan lendir lele @resep_debm @yuli_bambang #LazadaGetLow #menuviral #viral #fyp #fyp #kulinertiktok Are You OK? - edit_2u

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya