Tanpa pisau, ini trik mudah bersihkan insang dan jeroan ikan bandeng

Tanpa pisau, ini trik mudah bersihkan insang dan jeroan ikan bandeng
foto: TikTok/@ainunnoenoex

Brilio.net - Ikan bandeng termasuk ikan air payau yang jadi primadona. Bagi masyarakat Tionghoa, ikan bandeng ini sering jadi salah satu hidangan untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Ikan bandeng sendiri bisa diolah dengan aneka cara mulai dari goreng, kukus, sampai rebus.

Ikan bandeng dikenal dengan durinya yang banyak. Tak salah, kalau mengonsumsi ikan satu ini jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Oleh karena itu, banyak yang memilih memasak ikan bandeng dengan cara dipresto terlebih dahulu agar durinya jadi lebih lunak.

Ikan bandeng juga kerap dihindari banyak orang karena cenderung sulit diolah sendiri di rumah. Selain durinya yang lebih banyak dibanding ikan lainnya, ikan bandeng juga kerap meninggalkan rasa pahit jika salah mengolah. Hal tersebut pun menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang.

Rasa pahit pada ikan bandeng sebenarnya bukan karena ikannya berkualitas jelek maupun kekurangan bumbu, lho. Melainkan, cara membersihkannya yang salah. Rasa pahit pada ikan bandeng biasanya berasal dari insang maupun jeroannya.

Tak hanya sekadar dibersihkan begitu saja, jeroan ikan bandeng pun harus hati-hati saat dikeluarkan biar nggak pecah dan mengenai daging ikan. Pecahan jeroan ikan bandeng tersebut yang menyebabkan rasanya dagingnya bahkan jadi pahit.

Sayang sekali kalau ikan bandeng yang lezat malah jadi pahit hanya karena salah cara membersihkannya, kan? Salah seorang pengguna TikTok/@ainunnoenoex, membagikan teknik membersihkan insang dan jeroan ikan bandeng yang tepat. Lewat video yang diunggah pada 23 September 2021 tersebut, ia membersihkan ikan bandeng tanpa pisau maupun alat sama sekali, lho.

Dilansir BrilioFood pada Selasa (26/7), semula ia buka bagian kulit kepala ikan bandeng yang terhubung ke perut ikan. Hanya dengan menggunakan tangan, lebarkan kulit kepala ikan dengan perlahan, agar memudahkan jari mencapai bagian insang yang berada di dalam ikan bandeng tersebut.

Tanpa pisau, ini trik mudah bersihkan insang dan jeroan ikan bandeng

foto: TikTok/@ainunnoenoex

Saat sudah berhasil menemukan bagian insang ikan bandeng, pengguna TikTok/@ainunnoenoex yang sudah mendapat lebih dari 100 ribu followers ini pun mencabut insang ikan bandengnya. Setelah berhasil dicabut, bagian insang langsung dibuang karena memang tak boleh dimakan.

Dilansir dari thespruceeats.com, insang ikan termasuk bagian yang bikin rasanya jadi pahit. Bahkan, jika tak membersihkannya sebelum dimasak, bisa bikin ikan lebih cepat basi, lho. Hal ini juga berlaku buat ikan bandeng.

Tanpa pisau, ini trik mudah bersihkan insang dan jeroan ikan bandeng

foto: TikTok/@ainunnoenoex

Setelah membuang insang, pemilik akun bernama Ainun Noenoex ini menekan bagian perut ikan bandeng ke arah kepala ikan sampai isi perut dan jeroan ikan bisa dikeluarkan. Nah, di langkah ini, menurutnya wajib berhati-hati biar jeroannya tidak pecah karena bisa menyebabkan rasa pahit.

Tanpa pisau, ini trik mudah bersihkan insang dan jeroan ikan bandeng

foto: TikTok/@ainunnoenoex

Setelahnya, ikan bandeng siap diolah jadi aneka masakan tanpa khawatir rasa dagingnya pahit. Video yang sudah ditonton ribuan kali oleh warga TikTok ini pun menuai berbagai komentar, lho. Banyak yang tertarik mencoba usai menonton video trik tersebut.

@ainunnoenoex nasib rekam sendiri ‍ #TebakRasaOREO #kejujogetgoldslice #pejuangonline #strongwomen #otakotakbandengmbaknunuk #otakotakbandeng Bombastic - >>||story

"Siaap dicontoh niih," ujar TikTok/@linalapian.

"Harus dicontoh nih... makasih ilmunya kak," tulis TikTok/@winnarti31.

"Waah perlu di contoh ini mba," komentar TikTok/@Mom Hasan.

"Berfaedah sekali vt nya, kalau tutorial potong ayam yukk," ungkap TikTok/@astri wilastri.

"Siaap dicontoh biar ikutan lihai," kata TikTok/@dyah anggita berujar.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya