Tanpa sitrun atau sabun cuci piring, ini cara cuci serbet kusam dan bau pakai tambahan 1 bahan minuman

Tanpa sitrun atau sabun cuci piring, ini cara cuci serbet kusam dan bau pakai tambahan 1 bahan minuman
TikTok/@rochma354

Brilio.net - Saat membersihkan dapur dan meja makan, sebagian besar orang biasanya akan menggunakan serbet. Serbet merupakan sepotong kain yang kerap dipakai untuk menyeka kotoran di dapur atau meja makan. Sejumlah noda seperti tumpahan kuah, cipratan minyak, hingga saus bisa terserap dengan kain serbet tersebut.

Selain memiliki daya serap tinggi, serbet juga termasuk barang dapur yang bisa dipakai berulang-ulang. Bahkan tak jarang, serbet ini kemudian dipakai juga untuk membersihkan kotoran dan debu. Hal ini menjadikan serbet termasuk barang penting di rumah, khususnya dapur.

Sayangnya, serbet yang dipakai terus menerus juga bisa jadi kotor dan kumal. Kumpulan noda dan debu dapat menyebabkan serbet juga penuh kuman. Jika dibiarkan, kuman dan noda ini akan mengeluarkan bau tak sedap. Menggunakan serbet dalam kondisi kotor dan bau tentu sangat tidak disarankan karena justru dapat membuat permukaan benda yang dilap jadi lebih kotor.

Oleh sebab itu, mencuci serbet jadi pekerjaan yang nggak kalah penting. Idealnya, serbet yang sering dipakai harus dicuci paling lama 1 minggu sekali. Hal tersebut demi membuat serbet selalu bersih dan higienis saat digunakan.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang masih abai dengan kebersihan serbet. Bahkan tak jarang, serbet dibiarkan kotor dalam waktu 1 bulan lamanya. Alahasil, tampilan serbet juga jadi sangat kumal dan kusam.

Jika sudah telanjur seperti itu, serbet biasanya akan dibersihkan dengan bahan khusus. Sejumlah orang terkadang menggunakan sabun cuci piring atau sitrun untuk mencuci serbet. Kedua bahan ini dipercaya bisa mengangkat noda membandel penyebab serbet kumal.

Namun jika di rumah tidak ada stok sitrun atau bahkan sabun cuci piring juga menipis, kamu bisa memanfaatkan bahan lain. Seorang pengguna TikTok @rochma354 pernah membagikan hal tersebut melalui salah satu video yang diunggah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya