Tanpa soda kue, begini cara membuat pancake agar tetap mengembang sempurna

Tanpa soda kue, begini cara membuat pancake agar tetap mengembang  sempurna
Lezat Dan Bikin Nagih. |

Masukkan 150 ml air, 1 sachet susu kental manis, 2 sdm gula pasir, dan 1 butir telur ke wadah. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata menggunakan balloon whisk ataupun garpu. Setelah bahan tercampur rata, masukkan 10 sdm tepung terigu. Kemudian aduk-aduk kembali sampai adonan tercampur rata.

Tanpa soda kue, begini cara membuat pancake agar tetap mengembang  sempurna

foto: TikTok/@dikri_muldani

"Jadi untuk resep ini, bedanya di telurnya saja ya guys. Kalau kemarin tanpa telur tapi menggunakan soda kue, kalau resep ini menggunakan telur tanpa soda kue," jelasnya.

Tanpa soda kue, begini cara membuat pancake agar tetap mengembang  sempurna

foto: TikTok/@dikri_muldani

Langkah selanjutnya, istirahatkan adonan dan tutup menggunakan kain selama kurang lebih 30 menit. Setelah didiamkan, aduk kembali adonan dan lihat bagaimana konsistensinya sebelum dipanggang.

Tanpa soda kue, begini cara membuat pancake agar tetap mengembang  sempurna

foto: TikTok/@dikri_muldani

Proses terakhir adalah panggang adonan pancake di teflon antilengket menggunakan api kecil. Pastikan teflon yang kamu gunakan sudah panas sebelum dituang adonan, ya. Cetak dan takar adonan menggunakan sendok sayur agar ukuran tiap pancake bisa sama. Bila permukaan pancake sudah matang, kamu bisa membaliknya dan tunggu beberapa saat. kemudian angkat dan lakukan secara berulang sampai adonan pancake habis.

Jika pancake sudah jadi, kamu bisa menambahkan topping sesuai selera. Misalnya topping susu kental manis, sprinkle, serta madu.

"Menurut kang Mul ini rasanya udah lumayan enak. Tapi, ini jatohnya kaya dadar terigu ya dari pada pancake. Tapi balik lagi ke selera masing-masing. Kalau kalian punya soda kue, bisa pakai resep yang sebelumnya. Tapi kalo nggak punya pakai resep ini juga boleh," tegasnya dalam unggahan video tersebut.

Video cara membuat pancake tanpa soda kue yang diunggah oleh akun @dikri_muldani ini sontak merebut perhatian warganet, lho. Hal ini dibuktikan video ini sudah ditonton sebanyak 700 ribu kali.

@dikri_muldani Membalas @windararaayuawali cemilan simple modal 10sdm tepung terigu tanpa soda kue, yuk cobain resepnya. jangan lupa pakai corong biru #TumbuhdanTangguh #reseptiktok #cemilansimple #kangmul Milk Tea - Official Sound Studio

"berhasil and enak bgt," ungkap akun TikTok @sitaaa_ygy.

"kak aku coba bikin dan hasilnya enak baget makasih kak aku suka masakkanya ," ujar akun TikTok @quinn_nona.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya