Tetap tipis dan tak mudah sobek, ini trik bikin adonan kulit lumpia tanpa tepung yang aman buat diet

Tetap tipis dan tak mudah sobek, ini trik bikin adonan kulit lumpia tanpa tepung yang aman buat diet
YouTube/AnjarPratiwi

Brilio.net - Camilan berbahan tepung dikenal lezat, terutama gorengan yang dimasak hingga krispi seperti lumpia. Lumpia, isiannya memang umum dibuat tanpa tepung, bisa pakai bihun, sayur, rebung, dan lainnya. Tetapi, kulitnya yang dibuat menggunakan tepung.

Bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu maupun tengah diet, olahan tepung seperti lumpia seringkali dihindari. Dilansir dari chriskresser.com, mengonsumsi olahan tepung berisiko meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Di samping itu, konsumsi tepung juga dapat mendorong tubuh menyimpan banyak lemak.

Sebagai pengganti tepung, biasanya para ahli merekomendasikan bahan lain yang lebih aman untuk mendukung diet sehat. Dilansir dari clevelandclinic.org, tepung bisa digantikan dengan oat, tepung bebas gluten, atau bahkan menghindari penggunaan tepung sama sekali. Namun kalau untuk bikin kulit lumpia, apa tepung harus diganti atau tak perlu menggunakannya sama sekali, ya?

Nah, salah seorang warganet bernama Anjar punya triknya nih, biar adonan kulit lumpia yang kamu buat bebas tepung tapi tetap tipis dan tak mudah sobek. Lewat unggahan di YouTube AnjarPratiwi, ia mengaku sedang berupaya diet menurunkan berat badan, sehingga tepung yang biasa ia pakai untuk bikin kulit lumpia harus diganti dengan bahan dapur lain.

"Aku bikin video ini untuk refrensi bagi kalian yang pengin bikin kulit lumpia tapi lagi diet tepung yaa," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari YouTube AnjarPratiwi pada Rabu (21/6).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya