Trik jitu agar terong tidak berubah warna jadi kecokelatan setelah dikupas

Trik jitu agar terong tidak berubah warna jadi kecokelatan setelah dikupas
Unsplash/Tijana Drndarski

Brilio.net - Terong termasuk menu sayur yang mudah ditemui. Sebab terong bisa ditanam dan dapat tumbuh sepanjang tahun. Usut punya usut, sayuran yang identik dengan warna ungu ini berasal dari India dan Sri Lanka, kemudian tersebar ke berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Terong pun tak hanya disukai karena rasanya enak, tapi juga nutrisinya yang beragam. Dilansir dari webmd.com, terong punya antioksidan, mineral, vitamin A, vitamin C, mangan, fosfor, serat, asam folat, dan masih banyak lagi. Jika dikonsumsi secara rutin sesuai porsi, terong bisa membantu menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan dan penyakit. Selain itu, makanan ini juga aman apabila dikonsumsi oleh penderita diabetes, lho.

Ngomong-ngomong soal hidangan terong, sayur satu ini bisa dibuat menjadi aneka masakan lezat. Mulai dari terong goreng, tumis terong, terong berkuah, pepes terong, dan lain sebagainya. Nah, bagi sejumlah orang, terong justru lebih nikmat apabila kulitnya dikupas terlebih dahulu sebelum dimasak, baik jadi tumisan atau hidangan berkuah. Dengan dikupas, tekstur terong pun jadi semakin lembut usai dimasak.

Tapi, biasanya bagian dalam terong sangat mudah berubah warna jadi kecokelatan setelah kulitnya dikupas, nih. Dilansir dari allrecipes.com, terong dapat berubah warna jadi kecokelatan usai dikupas lantaran terjadi proses enzymatic browning, karena terpapar dengan udara langsung. Tak hanya warnanya yang berubah, jika terong kupas dibiarkan terlalu lama sebelum dimasak, bisa pula cepat sekali busuk.

Nah, salah seorang warganet punya trik biar terongtidak mudah berubah warna jadi kecokelatan setelah dikupas, lho. Menurutnya, pakai trik ini juga membantu menghilangkan bau langu dari terong. Jika kamu turut mencoba, trik ini sekaligus bisa diterapkan ketika kamu memasak terong dalam jumlah besar, nih. Meski terong ditinggal dulu setelah dikupas untuk menyiapkan bahan masakan lain, terong bisa tetap segar.

"Ini adalah tips agar terong tidak berubah warna menjadi kecokelatan atau kemerahan," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube/sisu2118 pada Kamis (8/12).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya